Mobil Monza SP1.jpg

Monza SP1, Konsep Baru Ferrari yang Futuristik

Rabu, 12 Juni 2019 11:00 | Galih Pratama

Siapa yang tak mengenal Ferrari. Bisa dibilang hampir seluruh pencinta otomotif, terutama pemuja kecepatan sudah mengenal produk lansiran perusahaan milik mendiang Enzo Ferrari ini.

Selain dikenal dengan mobil sport super cepat, ternyata Ferrari juga memproduksi mobil dengan desain yang sangat futuristik. Jawabannya adalah Ferrari Monza SP1. Mobil yang hadir perdana di Pentas Motor Show 2018 ini menawarkan gaya klasik “barchetta” yang populer pada era 1950-an.

Monza merupakan konsep baru dari seri khusus atau terbatas mobil Ferrari. Warna dan desain aerodinamisnya terasa berbeda degan produksi lainnya. Lebih kental nuansa balap dan unsur retro.

[Baca Juga: Land Rover Defender Baru Masih Mengusung Desain Klasik]

Melansir suara.com, Rabu (12/6/2019), konsep tersebut terinspirasi dari sejumlah model ikonik Ferrari, seperti Ferrari 750 Monza, 860 Monza, serta 166 M yang banyak memenangkan banyak trofi kejuaraan di World Sport Car Championship pada 1950-an.

Kemudi Ferrari Monza SP1.jpg

Bodi mobil bekelir warna silver ini didesain single sitter. Sekujur bodi mobil terbuat dari karbon yang bertujuan memangkas bobot yang berkontribusi penting pada laju si mobil. Tak hanya itu, single sitter ini tentunya akan memberikan pengalaman bekendara yang unik.

Mobil ini dibekali dengan mesin yang pernah diproduksi Maranello, yakni mesin V12 berkapasitas 6.5 liter yang mampu menyemburkan tenaga 799 daya kuda (tk). Mobil ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dengan membutuhkan waktu hanya 2,9 detik dan kecepatan puncak berada di atas 300 km/jam.

Ferrari Monza SP1.jpg

[Baca Juga: Aston Martin Edisi James Bond Segera Mendarat di Indonesia]

Agar pengendara bisa menyatu dengan mobilnya, Ferrari memberikan aksesori ala pebalap. Bekerja sama dengan dua merek ternama Loro Piana and Berluti, Ferrari menciptakan apparel eksklusif. Seperti jersey, helm, sarung tangan, scarf, dan sepatu mengemudi.

Raih Penghargaan

Pada penghargaan Red Dot Award: Product Design 2019 yang akan diadakan di Essen, Jerman pada 8 Juli mendatang, Ferrari akan menerima dua penghargaan. Monza SP1 didaulat menerima penghargaan Red Dot: Best of the Best Award. Selain itu, tim desain Ferrari yang dipimpin oleh Flavio Manzoni juga mendapatkan penghargaan kehormatan.

Melansir detik.com, dua capaian tersebut menambahkan catatan bagus Ferrari dalam penghargaan tersebut dari tahun 2015 hingga 2019. Penghargaan yang didapat oleh Monza SP1 pun sudah 5 kali berturut-turut dimenangkan Ferrari melalui mobil FXX-K, 488 GTB, J50, Portofino, dan terakhir Monza SP1 di tahun ini.

Artikel Lainnya

/media/images/BMW-Seri-7-Terbaru_URxm2WE.original.jpg

Menilik Keunggulan dan Fitur BMW Seri 7 Terbaru