Suzuki S-Presso.jpg

Mobil Suzuki Mungil Ini Hanya Dibanderol Rp73 Jutaan

Senin, 7 Oktober 2019 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Belum lama ini, Maruti Suzuki India meluncurkan model teranyarnya bernama S-Presso. Mobil ini diklaim lebih ringan dan cukup terjangkau karena hanya dibanderol mulai dari Rp 73 jutaan. Bisa bilang, harga ini cukup menggangu kendaraan lain di kelasnya seperti Renault Kwid dan Datsun RediGo yang sudah mengaspal terlebih dulu.

Harga tersebut juga lebih murah dibandingkan dari mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) di Tanah Air. Seperti diketahui, harga jual LCGC sepeti Toyota Cayla dan Daihatsu Sigra kini berada di angka Rp 100 jutaan.

Melansir oto.com, Senin (7/10/2019), Suzuki Maruti S-Presso berdiri di atas platform Heartect generasi ke-5. Strukturnya diklaim memakai baja berkualitas tinggi, sehingga aman dan kokoh saat digunakan. Dimensinya pun mungil, dengan panjang 3.565 milimeter (mm) dan lebar 1.520 mm. Sedangkan bobotnya hanya 726 kilogram.

Interior Suzuki S-Presso.jpg

[Baca Juga: Menguak Misteri Harga Renault Triber]

Melongok ke interior, kabin mobil ini seluruhnya dilapisi menggunakan bahan dengan pola jahitan merah. Pada dashboard terdapat head unit berukuran 7 inchi yang telah menghadirkan fitur menarik, termasuk voice recognition. Sistem ini juga kompatibel dengan Android Auto, Apple CarPlay, dan Aplikasi Smartplay lain.

Untuk fitur keselamatan, mobil Suzuki S-Presso bisa dibilang cukup lengkap. Seperti airbag ganda, Anti-Lock-Braking System (ABS) dengan Electronic Brake force Distribution (EBD), sabuk pengaman dengan pretensioners, dan force limiters telah tersemat pada mobil ini. Lalu, ada pengingat sabuk pengaman driver/co-driver, rear parking assist system, peringatan kecepatan tinggi serta sensor parkir mundur.

Mesin Suzuki S-Presso.jpg

Beranjak ke dapur pacu, mobil Suzuki ini dibekali mesin bensin 3-silinder 988 cc yang menawarkan tenaga 67 tenaga kuda (hp) pada 5.500 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. Untuk transmisinya terbagi menjadi dua, manual 5-percepatan dan Automated Manual Transmission yang dinamakan AGS (Auto Gear Shift) oleh Suzuki.

Jika dilihat secara keseluruhan dari tampilan desain, performa mesin dan harganya, mobil ini membidik segmen pasar pekerja muda ataupun mahasiswa. Lewat line up mobil ini, Suzuki India berharap bisa meningkatkan penjualan yang lebih positif. Lalu, apakah mobil Suzuki S-Presso masuk ke Indonesia?

[Baca Juga: Tak Lagi Murah, Pajak Mobil LCGC Segera Direalisasikan]