Mobil Rusak Akibat Demo.jpg

Mobil Rusak Akibat Demo Bisa Diklaim Asuransi, Ini Syaratnya

Rabu, 2 Oktober 2019 11:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Kemarin, mahasiswa di Jakarta kembali melakukan demonstrasi. Aksi ini menimbulkan sejumlah gesekan antara mahasiswa dan polisi. Akibatnya, kerusuhan tersebut jalanan Ibu kota mengalami kemacetan parah. Bahkan, kendaraan yang ada di sekitar kawasan demonstrasi ikut mengalami kerusakan akibat lembaran batu atau benda keras. Lalu, muncul pertanyaan apakah dalam situasi seperti ini asuransi menerima klaim kerusakan mobil akibat kerusuhan?

Ricky Martawijaya, Aftersales Business Divison Head Auto2000 mengatakan kerusakan mobil akibat kerusuhan atau demo bisa atau tidaknya diklaim atau ditanggung asuransi tergantung pada klausul yang tertera pada asuransi yang diikuti. "Cek klausul yang tertera dalam asuransi yang diikuti," kata Ricky.

[Baca Juga: Perhatikan Hal Ini untuk Asuransi Mobil Bekas]

Menurutnya, perbaikan mobil akibat kerusuhan bisa ditanggung asuransi apabila terdapat beberapa klausul yang telah disepakati. Misalnya klausul Strike, Riot, Civil Commontion, Malicious Damage, dan Terrorism & Sabotage (SRCCMDTS). “Kondisi ini kita sebut perluasan jaminan atau klausul risiko tambahan. Kita bisa beli di awal polis asuransi atau ditambahkan setelah polis ini berjalan," jelas Ricky.

Proteksi ini menjamin penggantian risiko kendaraan yang disebabkan beberapa penyebab. Antara lain bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, tsunami, hingga kerusakan akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase. “Tapi ingat, penambahan klausul ini hanya bisa dilakukan jika mobil masih dalam keadaan baik, bukan rusak setelah kejadian huru-hara,” katanya.

Bengkel Auto2000.jpg

Namun, jika polis yang dibeli tidak memiliki klausul di atas, pemilik mobil bisa datang ke bengkel. Pilihan bengkel mobil kini makin beragam. Ke bengkel Auto2000, misalnya, tempat ini memiliki perlengkapan perbaikan bodi yang bisa memperbaiki sasis yang cukup riskan untuk diperbaiki karena memengaruhi struktur kendaraan secara keseluruhan.

[Baca Juga: Klaim Asuransi Mobil di Autocillin Kini Cukup dengan Sentuhan Jari]

Bagi yang ingin mendapatkan layanan perbaikan body secara cepat, Auto2000 memiliki layanan yang disebut Express Body&Paint. Pemilik mobil hanya butuh waktu 8 jam untuk menunggu hingga mobil selesai diperbaiki.

Untuk menikmati layanan ini, Service Advisor akan menilai seberapa parah kerusakan yang terjadi dengan maksimal panel mencapai tiga buah. Jika jumlah panel lebih dari tiga dengan kerusakan yang parah, pelanggan akan disarankan mengambil layanan regular body & paint. “Service Advisor Auto2000 akan melakukan estimasi kerusakan apa saja yang terjadi dan biaya perbaikannya,” tutup Ricky.