Mobil Tesla Model 3.jpg

Mobil Listrik Tesla Model 3 Mulai Dipasarkan, Segini Harganya

Senin, 2 September 2019 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Tak bisa dipungkiri, diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik mulai mendorong pasar mobil ramah lingkungan di Indonesia. Ini setidaknya bisa dilihat kemunculan mobil listrik model terbaru. Salah satunya adalah Tesla Model 3. Mobil listrik asal Amerika Serikat ini resmi diboyong oleh importir umum, Prestige Motorcars untuk dipasarkan di Tanah Air.

“Ini merupakan era baru kendaraan listrik dengan harga terjangkau yang sejalan dengan Perpres tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai,” ujar Rudy Salim, Presiden Direktur Prestige Motorcars beberapa waktu lalu.

Model 3 yang resmi mengaspal di Indonesia tersedia dalam tiga varian. Pertama, ada Tesla tipe Standart Range Plus dengan penggerak roda belakang yang mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 5,3 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya mencapai 225 km/jam.

[Baca Juga: Pemerintah Targetkan 400 Ribu Mobil Listrik Tahun 2025]

Lalu, ada Long Range. Tipe ini memiliki penggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,4 detik dengan kecepatan maksimum 233 km/jam. Terakhir, tipe Performance dengan penggerak semua roda yang mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,2 detik per jam dengan kecepatan maksimum 261 km/jam.

Untuk jarak tempuh, masing-masing varian berbeda, yakni Standar Range Plus mampu mencapai jarak tempuh hingga 386 km, Long Range dan Performance hingga 499 km dengan satu kali pengisian daya.

Tesla Model 3.jpg

Bahkan, Tesla Model 3 diklaim mampu menekan biaya operasional pengisian daya secara signifikan. Misalnya, satu kali pengisian daya baterai dari nol sampai penuh biayanya hanya Rp70.000 dengan estimasi waktu pengisian selama 4 jam.

“Ini tentunya seperlima lebih hemat dibandingkan biaya bahan bakar kendaraan konvensional yang menggunakan mekanisme combustion engine,” klaim Rudy.

Harga Tesla Model 3

Bagaimana dengan harganya? Jika dibandingkan di negeri asalnya, Tesla Model 3 yang diluncurkan sejak dua tahun lali dibanderol sekira Rp367 juta. Ketika tiba di Indonesia, harga Tesla Model X jauh lebih mahal. Prestige Motorcars memang tak memberikan informasi detail harga Tesla Model 3, namun diperkirakan harganya di atas Rp1 miliar.

[Baca Juga: Tahun Depan, Toyota Gencar Luncurkan Mobil Listrik]

Harga yang tinggi dibanding dengan negara asalnya memang tak lepas dari pengenaan pajak impor yang cukup besar. “Kami masih terkena PIB (Pemberitahuan Impor Barang) sebesar 50 persen, PPN (Pajak Pertambahan Nilai) 10 persen dan PPH (Pajak Penghasilan) 10 persen, lalu ketika mobil tersebut tiba dan mau digunakan maka akan terkena lagi BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) sekitar 11 persen," jelas Rudy seperti dilansir detik.com.

Untuk pilihan warna, Model Tesla 3 memiliki lima pilihan warna yaitu Pearl White Multi Coat, Solid Black, Midnight Silver Metallic, Deep Blue Metallic dan Red Multi Coat. Selain itu, ada juga velg yang tersedia yaitu ring 18 inci Aero Wheels.