Otonews-Ini-Mobil-Bertenaga-Hybrid-dengan-Harga-Terjangkau-Galih-2.jpg

Mobil Bertenaga Hybrid dengan Harga Terjangkau

Sabtu, 27 Oktober 2018 11:00 | Galih Pratama

Mendengar kata mobil hybrid, banyak orang yang menilai bahwa mobil jenis ini hanya bisa dimiliki oleh kalangan atas saja. Pasalnya, untuk mendapatkan mobil berteknologi hybrid harus merogoh kocek yang cukup dalam. Harga tersebut memang sesuai dengan beragam keunggulan teknologi yang disematkan dalam mobil hybrid.

Namun baru-baru ini, PT Suzuki Indomobil Sales, agen pemegang merek (APM) Suzuki di Tanah Air mendobraknya dengan menghadirkan mobil bertenaga hybrid dengan harganya lebih terjangkau. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid namanya. Dilansir dari otoplasa.com pada Jumat (26/10/2018), mobil ini diklaim menjadi mobil bertenaga hybrid terjangkau dibanding dengan mobil hybrid APM lain yang telah mengaspal di Indonesia. Ertiga Diesel Hybrid, mobil kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) ini hanya dipasarkan dengan harga Rp219,5 juta.

[Baca Juga: Deretan Mobil Hybrid Berteknologi Canggih]

Harga tersebut berbanding jauh dengan mobil hybrid produsen mobil lainnya. Nissan contohnya, mereka memproduksi mobil hybrid bernama Nissan X-Trail Hybird yang dibanderol sekira Rp664.700.000. Tak heran pula bila harga Ertiga Diesel Hybird menggeser predikat dari Honda CR-Z, yang awalnya diklaim menjadi mobil hybrid pertama paling murah di Indonesia dengan harga Rp 497,5 juta.

Dilansir dari otomaniac.com, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid menggendong mesin diesel Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Tak seperti mobil hybrid pada umumnya yang memiliki dua sumber tenaga penggerak, melainkan mengusung mild hybrid tanpa adanya motor listrik yang menggerakkan roda. Sumber tenaga hanya berasal dari mesin diesel D13A 4-silinder 1,3-liter DOHC yang disokong oleh Variable Geometry Turbocharger (VGT).

Otonews-Ini-Mobil-Bertenaga-Hybrid-dengan-Harga-Terjangkau-Galih.jpg

Sementara SHVS yang sesungguhnya berupa perpaduan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai atau aki berkapasitas 70AH. Sistem mild hybrid yang dimaksudkan oleh Suzuki lebih kepada pengumpulan energi yang terbuang dari hasil deselerasi (brake regeneration) untuk dimanfaatkan dalam peningkatan efisiensi bahan bakar.

Meski begitu, performa mobil ini tak bisa dipandang sebelah mata. Mobil bertransmisi lima kecepatan manual ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 89 ps pada putaran mesin 4.000 rpm dengan kapasitas mesin 1.248 cc.

Tak hanya mesin, fitur-fitur mutakhir juga disematkan dalam mobil ini. Contohnya ada engine start atau stop system, torque assist, geart shift indicator, dan brake energy recuperation. Fitur canggih tersebut diklaim mampu menyulap tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar bensin. Bahkan untuk mencapai jarak 24,55 kilometer, hanya membutuhkan bahan bakar bensin sekira 1 liter.

Otonews-Ini-Mobil-Bertenaga-Hybrid-dengan-Harga-Terjangkau-Galih-3.jpg

Beranjak ke desain mobil, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid tak jauh berbeda dengan desain mobil Suzuki Ertiga sebelumnya. Ruang kabin cukup luas dengan panjang keseluruhan 4.265 milimeter (mm). Sedangkan lebar mobil ini adalah 1.695 mm dan tingginya mencapai 1.685 mm. Mobil ini mampu menampung tujuh penumpang. Akses masuk kabin mobil ini, terdapat empat pintu masuk.

Dari tampilan depan, mobil ini dibalut dengan fitur eksterior yang menghadirkan kesan mewah dan sporty. Ini terlihat dari headlight yang modern dan mampu memancarkan cahaya lebih terang. Selain itu, terdapat front grille yang berdesain minimalis lengkap dengan logo huruf ‘S’. Pada bagian depan mobil terpasang foglamp model terbaru lengkap dengan reflektor yang berbentuk sederhana.

[Baca Juga: 5 Daftar Mobil Nyaman Untuk Keluarga]

Untuk menjaga kenyaman pengemudi saat berkendara, Ertiga Diesel Hybrid dilengkapi dengan suspensi berjenis MacPherson Sturt dengan coil spring pada sektor depan. Sedangkan pada bagian belakang, terdapat suspensi jenis Torsion Beam. Kedua jenis suspensi ini diklaim mampu meredam getaran, terutama ketika mobil melewati jalan yang tidak rata ataupun bergelombang. Sementara dari sisi kemudinya sudah dilengkapi dengan teknologi power streering, yang membuat mobil lebih mudah saat dikendalikan. Tertarik untuk membeli mobil irit dan ramah lingkungan ini?