Minim-Bujet-Pilih-Mobil-LCGC-atau-Bekas.jpg

Minim Bujet, Pilih LCGC atau Mobil Bekas?

Sabtu, 10 November 2018 13:00 | Galih Pratama

Di Tanah Air, pilihan mobil baru dengan harga murah semakin beragam. Ini tak lepas dari kehadiran mobil Low Cost Green Car (LCGC). Mobil kategori LCGC ini mendapatkan respons positif dari masyarakat. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali membeli mobil baru sebagai alat transportasi.

Seperti diketahui, harga mobil LCGC umumnya berkisar di angka Rp90 jutaan hingga Rp100 jutaan. Dengan harga tersebut, pelanggan bisa memiliki mobil LCGC yang mayoritas berada di kelas city car dengan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk melibas kondisi lalu lintas di Jakarta.

Meski begitu, dengan bujet Rp100 jutaan, Anda juga bisa memilih membeli mobil bekas dengan kualitasnya yang tak jauh berbeda. Permasalahan baru pun mucul. Lewat pilihan yang sangat beragam tersebut, kerap kali calon konsumen bingung jika dihadapkan dengan pertanyaan lebih memilih mobil murah LCGC atau mobil bekas.

[Baca Juga: Pajak Tahunan Mobil Raffi Ahmad Seharga Mobil LCGC Baru]

Kali ini, Otopedia ingin mencoba memberikan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih mobil LCGC atau bekas. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut pertimbangan yang kiranya bisa membantu Anda mengambil keputusan untuk membeli mobil LCGC atau bekas.

Karimun-Wagon-R.jpg

Desain Mobil

Dilansir dari jaldayat.com pada Jumat (9/11/2018), dari sisi desain mobil, LCGC tentunya memiliki desain yang fresh. Semisal Datsun GO dan GO +, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, ataupun Karimun Wagon R. Dari pilihan tersebut, umumnya orang cenderung membandingkan model dibanding fitur ataupun dapur pacu yang dimiliki. Jika tertarik dengan desain tersebut, Anda bisa lebih memilih mobil LCGC dibanding mobil bekas.

Sementara untuk mobil bekas, modelnya bisa dibilang tak kalah menarik dengan mobil LCGC. Contohnya bisa memilih Honda Jazz GE8. Dari segi harga, jika dibandingkan dengan mobil baru LCGC tak jauh berbeda.

Fitur Mobil

Mengenai fitur, dilansir dari asapmobil.com, mayoritas mayoritas mobil LCGC disematkan fitur yang minimalis. Tak heran bila Anda menemukan fitur yang umumnya ada di mobil, tapi tak terdapat pada varian LCGC. Contohnya power steering, power window, electric mirror, airbag, ABS, EBD, dan banyak lainnya.

[Baca Juga: Perhatikan Hal Ini untuk Asuransi Mobil Bekas]

Semakin banyak fitur yang dimiliki, tentu akan semakin mahal pula harga mobil LCGC. Di harga yang sama, kemungkinan besar Anda dapat memilih mobil bekas dengan fitur yang lebih komplit pula.

Kapasitas Kabin dan Bagasi

Dari segi kapasitas, mobil LCGC mayoritas berkapasitas empat sampai lima orang. Untuk bagasinya pun dinilai kurang luas. Sehingga untuk membawa barang bawaan yang banyak sangat tidak memungkinkan. Jika ingin lebih dari itu, ada baiknya Anda melirik mobil bekas dibanding LCGC dengan ukuran yang lebih besar. Misalnya Toyota Avanza atau Suzuki Ertiga.

Pengalaman Tentang Mobil

Bagi sebagian orang yang ingin memiliki mobil baru, mayoritas mereka memilih membeli mobil LCGC. Dengan harga terjangkau, mereka bisa memiliki mobil baru, bergaransi, dan tentunya mobil tersebut atas nama sendiri. Namun bagi Anda yang punya pengalaman merawat mobil dan tak merasa berat ke bengkel, pilihannya bisa mobil bekas. Dengan pengalaman tersebut, Anda seharusnya bisa memilih mobil bekas dalam kondisi yang baik dan hanya membutuhkan perbaikan minor.

Dari penjelasan beberapa pertimbangan tersebut, tentunya Anda kini tak perlu bingung lagi pilih mobil murah LCGC atau bekas. Pilihlah mobil sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel Lainnya

/media/images/BMW-Seri-7-Terbaru_URxm2WE.original.jpg

Menilik Keunggulan dan Fitur BMW Seri 7 Terbaru