Ban Michelin.jpg

Michelin Kembangkan Ban Mobil Tanpa Angin

Selasa, 11 Juni 2019 15:00 | Galih Pratama

Tak hanya produsen mobil yang terus berlomba menghadirkan teknologi teranyarnya. Produsen ban mobil juga seolah tak mau kalah. Contohnya baru-baru ini, produsen ban mobil Michelin memperkenalkan sebuah teknologi terbarunya, yaitu penemuan ban tanpa angin.

Melansir dari Inews.com, Selasa (11/6/2019), Michelin menggandeng General Motors dalam mengembangkan ban tanpa angin yang dinamai Unique Puncture-proof Tire System (Uptis) itu. Uptis merupakan produk yang mempresentasikan teknologi ban masa depan yang sempat Michelin sampaikan di gelaran Movin’On Summit 2017

Ban Uptis diklaim memiliki banyak keunggulan dibanding dengan ban radial tubeless biasa. Dilihat dimensinya, pada bagian dalam ban Uptis hanya terdapat pilar utama ban berbentuk U. Fungsi pilar ini sendiri sebagai pengganti udara yang sampai kini dikenal membantu menahan beban ban dan beban mobil saat berjalan.

[Baca Juga: Ban Bias]

Untuk menahan bantingan mobil, pilar karet pada Uptis memiliki tingkat kekuatan yang telah diperhitungkan matang. Tingkat kelenturan ini sangat penting perannya untuk mendukung kenyamanan ban saat digunakan.

Mengenai bahan baku ban Uptis, Michelin mengklaimban mobil ini hanya memerlukan dan energi produksi yang lebih sedikit. Dengan begitu, diyakini akan lebih ramah lingkungan. Terutama bisa mengurangi limbah karet yang diakibatkan penggunaan ban. Michelin mengungkapkan jumlah limbah karet berasal dari 20 persen ban yang tak bisa digunakan lagi, akibat bocor maupun usia pakai yang telah habis.

Ban Michelin Tanpa Angin.jpg

Sementara dari segi keamanannya sendiri, ban Uptis diklaim lebih nyaman dan kemungkinan meledak pun bisa dihindari. Ini dikarenakan tak ada udara yang mengembang di dalam ban akibat peningkatan suhu saat mobil melaju pada kecepatan tinggi.

[Baca Juga: Tanda-tanda Mobil Butuh Servis Spooring dan Balancing]

Untuk pengendalian ban Uptis ini juga tak jauh berbeda dengan ban konvensional lainnya. Jadi, para pengendara tak perlu khawatir saat menggunakan ban dengan bobot sekira 22,5 kilogram ini.

Dikabarkan, Michelin akan memproduksi massal ban Uptis tanpa angin ini pada 2024 mendatang. Kehadiran ban tanpa angin ini tentunya akan menjadi alternatif baru bagi pemilik mobil.