otolibrary-W-Engiine.jpg

‘W’ Engine

Kamis, 7 Februari 2019 9:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Mesin W merupakan konfigurasi mesin yang memiliki cabang selayaknya huruf w. Mesin ini banyak dipakai oleh pecinta mobil sport, muscle car, dan para tuner. Mesin yang terbilang rumit untuk konstruksinya ini disebabkan karena memiliki banyak komponen dan minyak pelumas. Untuk urusan performa mesin sendiri tidak main-main, mesin W ini terbilang luar biasa dan sudah terbukti pada mobil-mobil yang menggunakannya. Kapasitas mesin yang digunakan adalah mesin w 4000 cc ke atas dan jumlah silindernya sendiri delapan ke atas. Sayangnya mesin ini tergolong boros bahan bakar sehingga cukup menguras kantong untuk membeli bensin.

Pemakaian pertama digunakan pada sepeda motor Anzani pada tahun 1906. Pada Perkembangannya Pabrikan yang banyak mengembangkan Mesin Tipe W adalah Group Volkswagen. Seperti Penamaan pada mesin konfigurasi V dalam Konfigurasi W penamaan juga sesuai dengan jumlah silindernya misalnya saja Mesin W8 digunakan pada VW Passat, W12 pada Mesin VW Phaeton, Toureg, Bentley Continental GT. Puncak Perkembangan Mesin W terjadi pada tahun 2006, dengan dikeluarkannya mesin W16 kapasitas 8 liter yang dipasangkan pada mesin Bugatti Veyron. diperlengkapi dengan 4 buah Turbo charger dan menghasilkan tenaga 1000Ps/6000 rpm.

bugatti.jpg

Desain Mesin W

Desain Asli ‘Tiga Cabang’

Jenis mesin ini mempunyai tiga cabang silinder yang terhubung dalam satu crankshaft. Bisa dibilang bahwa desain ini adalah desain asli atau pertama yang dibuat oleh Anzani tahun 1906. Mesin W3 ini pernah dipasang di pesawat Bleriot XI. Konfirgurasi W3 sendiri pernah diperbesar sudutnya menjadi 120o, sehingga muncul konfigurasi mesin radial tiga silinder. Mesin W12 juga pernah dicoba oleh Audi, walaupun pada akhirnya proyek ini diabaikan dan Volkswagen pun juga membuat eksperimen dengan mesin W 18 untuk mobil Buggati, namun desainnya tidak pernah bisa terealisasi.

3-Cylinder.jpg

Desain Modern ‘Empat Cabang’

Mempunyai empat cabang silinder mesin ini sering disebut ‘VV’ untuk membedakannnya dengan desain asli mesin W yang memakai tiga cabang silinder mobil yang pernah memakai mesin ini adalah Volkswagen Phaeton, Touraeg, Audi A8, dan Bentley Continental GT. Prototipe mesin W16 ini dapat menyemburkan tenaga 465 kilowat (632 PS; 624 bhp) untuk mobil konsep Bentley Hunaudieres. Versi quad-turbocharger dari mesin ini akhirnya menjadi mesin dari Bugatti Veyron EB16,4 yang dapat menghasilkan tenaga 736 kilowat (1,001 PS; 987 bhp). Keuntungan dari mesin berkonfurgurasi ini adalah ringkas, meskipun jumlah silindernya banyak tapi dimensinya cukup kompak.

4-Cylinder.jpg

Source: CAR FROM JAPAN

[Baca Juga: Leaf Spring]