Kariyanto Hardjosoemarto .jpg

Mercedes di GIIAS 2019: Semoga Penjualan Mobil Premium Meningkat

Selasa, 23 Juli 2019 12:00 | Inggil Yustiar

Salah satu produsen otomotif ternama asal Jerman, Mercedes hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di BSD, Tangerang. PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) ingin menunjukkan kelasnya sebagai merek mobil premium dengan menampilkan beberapa kendaraan mewahnya.

Ada sebelas model dari berbagai kelas dibawa Mercedes. Tiga di antaranya ialah yang terbaru, CLA 200 AMG Line, New GLE 2020, dan E 300 EQ Power.

Di sisi lain harapan Mercedes mengikuti GIIAS 2019 sebagai ajang meningkatkan penjualan, khusunya mobil premium. Hal itu seperi disampaikan oleh Kariyanto Hardjosoemarto selaku Deputy Director Sales Operation dan Product Management MBDI. Ia berharap ajang GIIAS 2019 kali ini mampu menjadi titik balik kebangkitan pasar otomotif premium.

“Terus terang kondisi di semester satu itu kurang baik secara umum. Total industry mobil premium turun,” ujuar Kariyanto selepas peluncuran mobil baru Mercedes Benz di ICE BSD, Tangeran, Kamis (18/7).

Lanjutnya Kariyanto mempunyai optimis tinggi dengan adanya ajang GIIAS 2019, pangsa pasar otomotif bisa kembali normal. Terlebih menurutnya kondisi Indonesia saat ini sudah semakin membaik dilihat dari situasi poilitik yang telah stabil.

“Kondisi pasar saat ini sudah mulai membaik dari sebelumnya. Bisa kita lihat bersama situasi politik sudah semakin stabil selepas adanya kemelut yang berkepanjangan,” tutur Kariyanto.

Sebagai informasi di kelas premium, Mercedes Benz masih menjadi nomor satu untuk pasar Indonesia. Mercedes ada diangka 48% sebagai pemimpin market di Indonesia. Oleh karenannya Kariyanto berharap tren positif tersebut bisa bertahan dan meningkat.

“Target kami tetap sama dari dulu, yakni menjadi nomor satu di segmen mobil premium. Selama ini Mercedes sudah menjadi nomor satu untuk pasar mobil premium di Indonesia,” lanjut Kariyanto.

Kariyanto kembali menjelaskan, bahwa penjualan mobil premium di semester pertama 2019 mengalami penurunan. Angka penurunan ini mencpai 20% hal itu juga berdampak pada market Mercedes Benz yang mengalami penurunan hingga 10%. Meski demikia, Kariyanto menilai jika di semester kedua 2019 nanti akan membaik dan meningkat.

[Baca Juga: Ramaikan GIIAS 2019, Honda Berikan Edukasi Kepada Konsumen]