Mercedes Benz E 300.jpg

Mercedes-Benz Tak Berharap Banyak pada Mobil Listrik

Jumat, 11 Oktober 2019 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Peraturan Presiden (Perpres) mengenai kendaraan berbasis listrik telah diresmikan beberapa bulan yang lalu. Meski begitu, sebagian produsen otomotif di Tanah Air sepertinya masih menahan diri untuk memasarkan mobil listrik andalannya. Termasuk Mercedes-Benz, yang belum ‘berani’ memasarkan secara resmi mobil listrik andalannya.

“Kita masih menunggu aturan pelaksaan kementerian terkait tentang Perpres mobil listrik. Secara bertahap akan keluar, dari situ kita akan sesuaikan dengan produk yang akan dipasarkan,” ujar Deputy Director Sales Operation & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Kariyanto Hardjosoemarto di sela-sela peresmian Dealer Mercedes-Benz Nusantara, Kamis (10/10/2019) di Tebet.

Secara produk, lanjutnya, Mercedes-Benz bisa dikatakan sudah siap dengan produk mobil listrik. Mengingat, di negeri asalnya Jerman, mobil berbasis listrik mulai dari hybrid, plug-in electric vehicle (PHEV), hingga full listrik sudah beredar di sana. “Secara produk kita kan sudah siap. Kalau di Indonesia kita tawarkan Mercedes-Benz E 300 e EQ Power,” ujarnya.

[Baca Juga: Mobil Listrik Tesla Model 3 Mulai Dipasarkan, Segini Harganya]

Diakuinya, peminat Mercedes-Benz E 300 e EQ Power cukup banyak. Namun, jika dicermati dari sisi harga, Kariyanto menilai harganya kurang kompetitif alias mahal. Sehingga secara jumlah yang akan dipasarkan juga dipastikan hanya sedikit. “Dari sisi harga masih tinggi, secara jumlah tidak banyak. Kalau yang beli ada. Tapi sedikit, ada lah,” tambah Kariyanto.

Tak hanya dari sisi produk, Kariyanto menjelaskan Mercedes-Benz juga secara bertahap telah memberikan pelatihan untuk teknisi, khususnya di Jakarta. Pelatihan tersebut bertujuan untuk menjamin layanan purnajual termasuk model PHEV. “Bengkel sudah ditraning. Saat ini secara bertahap di dealer di Jakarta dulu,” katanya.

Mercedes-Benz E 300 e EQ Power

Mobil ini menjadi salah satu line up mobil ramah lingkungan dari Mercedes-Benz yang segera dipasarkan secara resmi. PHEV yang dirilis secara resmi pada GIIAS 2019 ini dibanderol dengan harga sekira Rp1,8 miliar (off the road).

[Baca Juga: Lamborghini Sian, Banteng Italia Bertenaga Hybrid]

E 300 e EQ Power mengusung mesin bensin 2.0 liter turbocharged yang mampu menghasilkan 211 tenaga kuda (tk) dan torsi 350 Nm dengan modul hybrid bertenaga listrik 122 hp dan torsi 440 Nm (gabungan kedua sistem menghasilkan output 700 Nm).

Mobil Mercedes-Benz ini mampu menempuh jarak 49 kilometer dalam full-electric mode dari baterai bertenaga 13,5 kWh, dengan lama pengisian baterai dari 10 ke 100 persen kurang dari 2 jam menggunakan charger 7,4 kW, atau kurang dari empat jam saat menggunakan soket rumah standar.