Peluncuran SUV Mercedes-Benz.jpg

Mercedes-Benz Luncurkan Dua SUV Terbaru Rakitan Bogor

Selasa, 10 Desember 2019 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Menutup akhir tahun, PT Mercedes-Benz meluncurkan mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru. Tak tanggung-tanggung, mereka memperkenalkan dua SUV sekaligus, yakni New GLC dan New GLE yang merupakan hasil produksi pabrik perakitan lokal di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Guenter Haefele, Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Indonesia mengatakan, lebih dari 20 tahun, SUV Mercedes-Benz telah hadir di Indonesia dengan peluncuran perdana Mercedes-Benz ML pada 1998. Kini, varian SUV Mercedes-Benz bertambah dengan kehadiran New GLC dan New GLE.

“Tim kami di Wanaherang telah menunjukkan performa yang baik dalam beberapa bulan terakhir. Kami telah menguasai rangkaian program produksi untuk model ini, menyelesaikan peningkatan produk New GLC dan New GLE di pabrik kami,”ujar Guenter, saat peluncuran New GLA dan New GLE di Wanaherang, Bogor, Selasa (10/12/2019).

Sejumlah perubahan yang signifikan memang terlihat dari kedua mobil SUV ini. New GLC, misalnya. SUV tujuh penumpang ini kini tampil lebih bergaya dan dilengkapi fitur terkini. SUV terbaru ini dilengkapi dengan sistem MBUX - Mercedes-Benz User Experience, sistem bantuan mengemudi, dan mesin baru.

[Baca Juga: Mercedes-Benz Buka Segmen Kendaraan Eksekutif Baru di 35 Tahun Silam]

Dari sisi eksterior juga terlihat lebih sporty. Sementara tampilan khas off-road ditekankan oleh kontur permukaan yang berotot dan detail mencolok seperti chrome trim yang kini memanjang dari depan ke belakang.

SUV GLE.jpg

Sedangkan untuk GLE 450 tak mengalami perubahan banyak di sisi eksterior. Namun, secara dimensi ukurannya lebih besar dibanding pendahulunya. New GLE memiliki jarak sumbu roda yang jauh lebih panjang dari pendahulunya, yakni 2.995 milimeter (mm) plus 80 mm. Ini menciptakan ruang yang jauh lebih besar, terutama bagi penumpang di kabin belakang.

Pada baris kursi kedua hadir dengan enam opsi penyesuaian full-electric. Kursi kanan dan kiri dapat diatur secara terpisah untuk maju atau mundur hingga 100 mm. Kemudian sudut sandaran punggung dapat disesuaikan dan dilipat dengan rasio 40:20:40, termasuk ketinggian sandaran kepala. Sandaran punggung juga dapat dilipat sepenuhnya secara elektrik menggunakan tombol di kompartemen bagasi.

Sama halnya dengan New GLC, New GLE juga dilengkapi dengan sistem multimedia generasi terbaru MBUX - Mercedes-Benz User Experience. Fitur ini menawarkan dua layar lebar 12,3 inci/ 31,2 cm. Untuk urusan jantung mekanis, New GLE menggunakan mesin empat silinder yang menggerakkan semua roda 4MATIC.

Ketersediaan New GLC dan New GLE

New GLC dan New GLE akan tersedia di dealer resmi Mercedes-Benz mulai kuartal pertama tahun 2020. Untuk harga, New GLC mengalami kenaikan sekitar Rp10 jutaan dari versi sebelumnya, yakni Rp999.000.000,- (off the road).

[Baca Juga: Mercedes-Benz Buka Layanan Body & Paint Centre di Bandung]

Untuk pengiriman ke tangan konsumen, Mercedes-Benz akan melakukannya secara bertahap bertahap mulai Januari 2020. “Hari Jumat ini New GLC sudah bisa dilihat di dealer. Sedangkan harga New GLE belum kita sampaikan, rencananya Maret 2020 nanti baru kita umumkan,” jelas Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations & Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.