4 Tips Merawat Mobil Matik.jpg

Menunggu Lampu Merah, Sebaiknya Transmisi Otomatis di Posisi N atau D?

Kamis, 16 Januari 2020 17:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Banyak yang menilai mengendarai mobil bertransmisi otomatis lebih mudah dibanding manual. Itu memang benar adanya. Pengemudi mobil matik tak perlu lagi direpotkan dengan menginjak kopling, cukup pindahkan tuas transmisi ke posisi D (Drive) mobil sudah bisa jalan. Meski begitu, banyak hal yang harus dipahami saat mengendarai mobil bertransmisi otomatis.

Terutama saat berada di lampu merah. Mobil dalam kondisi berhenti dan terkadang pengendara masih dibingungkan dengan posisi tuas transmisi. Apakah harus memilih posisi N (Netral) atau D.

Sejatinya, memindahkan tuas transmisi pada posisi N ataupun D pada saat mobil matik berhenti tak menyebabkan kerusakan komponen transmisi mobil. Hanya saja, ada sejumlah pertimbangan khusus. Sebaiknya memang tuas transmisi dipindahkan ke posisi N saat berhenti di lampu merah.

[Baca Juga: 4 Tips Merawat Mobil Matik]

Mengapa demikian? Memosisikan tuas transmisi N saat berhenti berkaitan dengan keselamatan berkendara. Apabila saat berhenti dengan posisi tuas di D, bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan.

“Saat posisi D, Anda membutuhkan tenaga untuk menekan pedal rem. Bila dalam waktu lama, secara tidak sadar atau tidak sengaja pedal rem bisa saja terlepas,” ujar Hermas Efendi, Pemilik Worner Matic seperti dilansir gridoto.com, Kamis (16/1/2020).

Menekan pedal rem terlalu lama juga membuat pengemudi tidak nyaman. Akibatnya, bisa saja kaki akan lebih cepat merasa pegal. Buruknya, apabila saat menekan pedal rem tanpa sengaja terlepas, pengemudi mungkin saja tidak cepat tanggap dan bisa menabrak kendaraan lain di depan.

Alasan lainnya, saat mobil berhenti dalam posisi tuas D, oli transmisi terus terpakai dan membuatnya menjadi panas. Sementara jika dilihat dari alasan teknis lain, memindahkan gigi ke posisi N saat lampu merah juga bisa sedikit menghemat penggunaan bahan bakar.

[Baca Juga: Jangan Gunakan Rem Tangan Saat Setop di Lampu Merah, Ini Alasannya]

Di sisi lain, tindakan memindahkan gigi ke netral memang masih menuai pro dan kontra. Apabila terlalu sering memindahkan gigi bisa membuat transmisi cepat aus. Tapi, memosisikan gigi ke posisi N saat di lampu merah masih lebih baik daripada membiarkannya di posisi D. Cukup pada posisi N, tak perlu hingga memindahkan tuas ke posisi P atau Parking.

Perlu diingat kembali, transmisi otomatis sejatinya didesain atau dibuat untuk kenyamanan dan keselematan. Apakah Anda nyaman jika harus menahan atau menekan rem saat menunggu lampu merah?

Artikel Lainnya

/media/images/Kampas-Rem.original.jpg

Penyebab dan Solusi Atasi Rem Mobil Bunyi

/media/images/Sliding-Door-Alphard.original.jpg

Tips Merawat Pintu Geser Mobil Agar Tetap Awet

/media/images/Setir-Mobil.original.jpg

Setir Mobil Bergetar? Segera Cek Komponen Ini

/media/images/Air-Coolant.original.jpg

Penting, Pemilik Mobil Wajib Cek Rutin Cairan Ini