Menjaga Eksistensi Mobil Morris di Tanah Air

Menjaga Eksistensi Mobil Morris di Tanah Air

Senin, 4 Februari 2019 19:00 | Galih Pratama

Mobil klasik memang punya daya tarik tesendiri. Salah satu mobil klasik yang cukup digemari pencinta otomotif adalah Morris. Di Tanah Air, mobil unik yang diproduksi oleh British Motor Corporation (BMC) ini cukup banyak peminat. Salah satu buktinya adalah kehadiran Jakarta Morris Club (JMC).

Dilansir dari kompas.com pada Rabu (2/1/2018), JMC merupakan komunitas mobil Morris tertua di Indonesia. Usianya kini sudah menginjak 24 tahun. Berdirinya komunitas ini berawal dari kegiatan kumpul bareng yang diikuti oleh beberapa pemilik mobil Morris, khususnya tipe Mini Cooper di Jakarta. Dari situ, tercetuslah keinginan untuk membentuk komunitas.

Peresmian pembentukan JMC akhirnya terlaksana pada 29 Agustus 1993, yang ditandai dengan touring perdana ke Ciater, Jawa Barat. Kehadirannya diharapkan mampu menjaga eksistensi Morris dalam dunia otomotif Tanah Air.

Menjaga Eksistensi Mobil Morris di Tanah Air 4

[Baca Juga: Pecinta Mobil Klasik Berkumpul di Bali Rayakan Hari Jadi Ke-39]

Di JMC, para member atau pemilik mobil asal Inggris ini bisa berinteraksi, memperkuat jalinan persaudaraan, serta bertukar informasi berbagai hal terkait dengan mobil Morris. Contohnya berbagi informasi terkait dengan suku cadang atau spare part.

Diketahui, salah satu kendala utama yang dirasakan pemilik mobil Morris klasik adalah suku cadang yang sulit dan harganya yang mahal. Lewat komunitas ini, mereka bisa memberikan informasi kepada anggota lain yang ingin mendapatkan spare part tertentu yang sulit didapatkan.

Mengenai anggota atau member, dulunya memang didominasi oleh kalangan orangtua. Namun lambat laun, kini anggotanya datang dari kalangan anak muda. Sementara untuk mobilnya sendiri bukan hanya pemilik mini cooper saja yang bisa bergabung, tapi juga pemilik Morris dari berbagai tipe, seperti Morris Minor atau Morris 1100/1300 bisa membaur jadi satu.

[Baca Juga: Melongok Koleksi Mobil Klasik Ciamik Uya Kuya]

Sama halnya dengan komunitas mobil pada umumnya, JMC juga selalu rutin menggelar kegiatan. Terbaru, mereka menggelar Mini Year End Gathering di Jakarta, Minggu (16/12/2018) dengan mengusung tema 80-an. Mulai dari musik, busana, hingga acara dikemas ala tahun 80-an.

Menjaga Eksistensi Mobil Morris di Tanah Air 3

Acara yang diikuti sekitar 80 kendaraan Morris ini, bertujuan menjalin silaturahmi sekaligus mengapresiasi para member JMC atas kebersamaannya sepanjang tahun 2018. “Agenda hari ini lebih ke year end gathering. Fokusnya tidak hanya para anggota saja, tapi juga dengan keluarganya. Jadi kami ingin pihak keluarga seperti anak atau istri dari anggota JMC juga merasakan suasana kebersamaan,” kata Ketua JMC Uut Ananta seperti dilansir dari laman autodigest.co.

Artikel Lainnya

/media/images/munas-taci-banten-2.original.jpg

TACI Sukses Gelar Musyarawah Nasional Ketiga di Banten

/media/images/jogja-sprint-rally-1.original.jpg

Kejuaraan Daerah Jogja Sprint Rally Ramai Partisipan

/media/images/regulasi-etcc-2020-1.original.jpg

Regulasi Open Tire Agar Balap ETCC 2020 Semakin Marak