Jaguar-I-Pace.jpg

Mengulik Mobil Listrik Pangeran Charles yang Seharga Rp1,1 Miliar

Selasa, 29 Januari 2019 9:00 | Galih Pratama

Tak hanya kalangan artis papan atas dunia saja yang memiliki selera otomotif yang tinggi. Rupanya keluarga Kerajaan Inggris juga punya ketertarikan terhadap dunia otomotif. Salah satunya adalah Pangeran Charles. Pewaris tahta Inggris berusia 69 tahun itu, kepincut dengan mobil listrik Jaguar I-Pace.

Mobil listrik yang resmi dipasarkan pada Maret 2018 di Inggris ini, jadi mobil listrik pertama yang dimiliki Pangeran Charles. Dilansir dari carmudi.com pada Senin (26/11/2018), untuk membeli mobil listrik tersebut, Pangeran Charles menggunakan uang pribadinya seharga 60.000 poundsterling atau sekira Rp1,1 miliar.

Mengulik-Mobil-Listrik-Pangeran-Charles-Seharga-Rp1,1-Miliar.jpg

Lalu apa istimewanya mobil tersebut? Otopedia kali ini coba mengulik lebih dalam tentang Jaguar I-Pace. Pertama, kita lihat dari sisi eksterior, Jaguar I-Pace memiliki dimensi panjang 4,682 milimeter (mm), lebar 2.139 mm, dan tinggi 1,565 mm. Di bagian depan mobil, terdapat lampu utama LED, kisi-kisi grille tampak lebih tebal dan melengkung ke dalam.

Bagian belakang mobil listrik ini dilengkapi diffuse di bawah bumper yang berfungsi membantu menyalurkan aliran udara dari bawah. Satu hal yang menarik dari mobil ini adalah handle pintu rata dengan bodi mobil. Sehingga pengemudi atau penumpang yang ingin masuk ke kabin, cukup menyentuh handle pintu saja.

Jaguar-I-Pace-menjadi-mobil-listrik-pertama-milik-Pangeran-Charles.jpg

Selanjutnya ke bagian interior mobil. Sesuai dengan konsep sporty dan mewah, mobil ini dilengkapi segudang fitur canggih yang siap memanjakan pengemudi sekaligus penumpangnya. Contohnya ada sistem infotainment Touch Pro Duo Jaguar baru yang menggabungkan layar sentuh, sensor kapasitif dan kontrol fisik taktil. Ada juga connect pro yang terdiri dari smart setting, pro services, 4G WiFi hotspot, dan lainnya.

Jaguar-I-Pace---interior.jpg

Beranjak ke dapur pacu, mobil ini memiliki sumber tenaga berasal dari baterai lithium-ion 90kWh yang diklaim mampu menempuh perjalanan hingga 475 kilometer. Untuk pengisian baterainya pun hanya membutuhkan waktu sekitar 85 menit untuk mendapatkan daya baterai 85 persen.

Mesin-Jaguar-I-Pace.jpg

Dilansir dari kumparan.com, terdapat dua buah motor listrik yang ditempatkan di as roda mobil. Motor listrik inilah yang menggerakkan roda dan mampu mengeluarkan tenaga sekuat 200ph. Jika keduanya bekerja secara bersamaan, maka Jaguar I-Pace bisa melaju sekuat 400 hp dan torsi maksimal 512lb ft.

[Baca Juga: Deretan Mobil Hybrid Berteknologi Canggih]

Mobil ini diklaim ramah lingkungan dan dinilai sangat mencerminkan sosok Pangeran Charles yang peduli akan masalah lingkungan. Seperti dilansir detik.com, Pangeran Charles pernah memodifikasi Aston Martin-nya dengan mengubah bensin menjadi biotanol yang terbuat dari limbah anggur sebagai bahan bakar mobil.