Mobil Presiden Rusia.jpg

Mengintip Selera Mobil Presiden Vladimir Putin

Jumat, 17 Mei 2019 12:00 | Galih Pratama

Presiden Rusia Vladimir Putin dianggap sebagai salah satu pemimpin yang paling berpengaruh di dunia. Sosoknya memang dikenal sangat tegas, flamboyan, bahkan terlihat ‘kejam’ dalam memimpin. Namun di balik itu, ternyata pria kelahiran kelahiran 7 Oktober 1952 ini punya cerita menarik mengenai mobil tunggangan.

Seperti dilansir viva.co.id, Jumat (17/5/2019), mobil pertama Putin adalah Zaporozhets. Dulunya, kendaraan ini bisa dibilang salah satu mobil termurah di pasar Rusia. Mobil ini dibeli sang ibu, Maria Ivanovna Putin dari hasil menang lotre. Mobil tesebut diberikan sang ibu ketika Putin mengemban pendidikan di universitas.

Mobil Lada Vladimir Putin.jpg

[Baca Juga: Mengulik Mobil Listrik Pangeran Charles Seharga Rp1,1 Miliar]

Selain Zaporozhets, Putin dikenal juga sangat mencintai produk dalam negeri. Salah satu koleksi produk lokal Rusia, yakni Lada Kalina. Mobil ini diketahui dibanderol dengan harga Rp53 Juta. Tak hanya dijadikan pajangan, Putin mengaku telah melakukan perjalanan ribuan kilometer dengan mobil Lada Kalina.

"Saya terkejut, mobil ini benar-benar bagus. Saya tidak mengetahui mobil sebagus ini. Mobil ini tenang, cukup kuat untuk ukuran dan beratnya, dan sangat nyaman. Mobil ini juga memiliki fitur AC, airbag, glonass, dan konsumsi bensin yang ekonomis. Secara umum, sangat nyaman. Ini mobil bagus," kata Putin.

Mobil Vladimir Putin.jpg

Masih merek lokal, Putin juga memiliki mobil Lada Niva. Biasanya, mobil ini digunakan Putin melintasi medan yang cukup berat, misalnya pegunungan. Menariknya, Putin pernah mengajak Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan merasakan sensasi berkendara dengan mobil jenis off-road ini.

Mobil andalan Putin lainnya adalah Kortezh. Model mobil ini mirip model limo yang hanya diproduksi terbatas, yakni sebanyak 4-5.000 unit.

Mobil Kortezh Vladimir Putin.jpg

[Baca Juga: Begini Ketangguhan ‘Tank’ Chris Brown]

Mobil ini sedang dikembangkan oleh Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute (NAMI) yang didanai pemerintah Rusia. Sedangkan mesinnya sedang dikembangkan oleh Porsche. Kabar beredar mesinnya berbentuk twin-turbo v12 dengan tenaga mendekati 800 tenaga kuda. Mobil memiliki kelebihan antipeluru.