Mobil Mercy BJ Habibie.jpg

Mengenang BJ Habibie dan Koleksi Mobil Antiknya

Kamis, 12 September 2019 11:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Indonesia kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya, BJ Habibie. Presiden ke-3 ini mengembuskan nafas terakhirnya setelah mendapatkan penanganan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Rabu (12/9/2019) pada pukul 18.05 WIB.

Habibie dikenal sebagai tokoh yang sangat berkontribusi besar terhadap dunia penerbangan Tanah Air. Si jenius ini, pernah merancang pesawat bernama N-250 yang sanggup mengangkut 50 penumpang. Peluncuran perdana pesawat ini disaksikan langsung Soeharto.

BJ Habibie.jpg

Kecintaannya BJ Habibie ternyata tak hanya sebatas pada dunia transportasi pesawat saja. Ternyata, pria kelahiran 25 Juni 1936 ini, jatuh cinta pada beragam kendaraan, baik roda dua maupun empat. Mayoritas koleksinya memang terbilang seri lawas atau klasik.

[Baca Juga: Pembatasan Usia Mobil, Begini Respons Komunitas Mobil Klasik]

Di rumahnya terdapat garasi yang cukup luas bak parkiran di pusat perbelanjaan. Sebanyak 32 mobil terparkir di sana, namun yang paling banyak terlihat atau mendominasi adalah mobil pabrikan mobil ternama asal Jerman, yakni Mercedes-Benz.

Dari sekian banyak koleksi mobil BJ Habibie, ada satu mobil sports car klasik yang cukup menyita perhatian. Adalah Mercedes-Benz 300L Gullwing. Mercedes-Benz dengan kode sasis W 198 ini merupakan salah satu model mobil paling dilirik kolektor. Diperkenalkan pertama kali di ajang International Motor Sport Show di New York, Amerika Serikat pada 1954.

Mercy 300SL BJ Habibie.jpg

Diketahui, mobil ini diproduksi pada 1954 – 1957 dan memiliki pintu yang dibuka secara vertikal. Pada masanya, koleksi mobil BJ Habibie ini merupakan seri sport pertama Mercedes-Benz dengan pintu gullwing.

Dari sisi performa, mobil ini memiliki tenaga yang cukup mumpuni. Menggendong mesin enam silinder dengan transmisi empat percepatan, Mercy 300SL Gullwing mampu menyemburkan 215 tenaga kuda. Sedangkan kecepatan maksimalnya bisa mencapai 260 km/jam.

[Baca Juga: Melongok Koleksi Mobil Klasik Ciamik Uya Kuya]

Selain mobil, BJ Habibie juga memiliki koleksi motor yang cukup beragam. Mulai dari motor gede (moge) asal Amerika Serikat Harley-Davidson, BMW, dan juga Kawasaki.

Itulah koleksi mobil dan motor yang dimiliki BJ Habibie semasa hidupnya. Kini sang inspirator bangsa telah berpulang, namun ketulusan dan dedikasinya untuk kemajuan Indonesia akan menjadi catatan sejarah yang selalu dikenang. Selamat jalan inspirator bangsa.

Artikel Lainnya

/media/images/Ananda-Omesh.original.jpg

Mengintip Mobil ‘Imut’ Ananda Omesh

/media/images/desta.original.jpg

Presenter Kondang Desta Kepincut Honda Civic Estilo