Komunitas Juragan Bus Mercedes-Benz.jpg

Mengenal Klub Kumpulan Para Juragan Bus Mercedes-Benz

Selasa, 23 April 2019 11:00 | Galih Pratama

Tak hanya kendaraan pribadi saja yang memiliki komunitas penggemar. Angkutan umum seperti bus ternyata memiliki kumpulan atau komunitas yang cukup besar. Salah satunya kehadiran Mercedes-Benz Bus Club of Millionaires. Klub ini merupakan kumpulan para pengusaha otobus (PO) yang menggunakan unit bus merek Mercedes-Benz.

Awalnya, Mercedes-Benz Club of Milllionaires merupakan event rutin yang digelar PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia. Dilansir dari bus-truck.id, Selasa (23/4/2019), event tersebut sebagai bentuk apresiasi Mercedes-Benz kepada para pengusaha angkutan bus, baik bus antarkota maupun bus pariwisata pengguna bus Mercedes-Benz seri 900.

[Baca Juga: FOCI, Kumpulan Crazy Rich Indonesia]

Seiring berjalannya waktu, klub bus ini semakin berkembang. Hal Ini dilihat dari jumlah anggota Mercedes-Benz Bus Club of Millionaires. Berdiri tahun 2015, kini anggota komunitas bus ini telah ada 28 PO yang tergabung.

Bus Mercedes-benz.jpg

Mereka di antaranya PO Lithabrent, PO Putra Pelangi, PO Medan Jaya, Perum DAMRI, PO Metropolitan, PO Gunung Harta (Malang), PO SAN, PO Harapan Jaya, PO Safari Dharma Raya (OBL), PO New Shantika, PO Lorena, PO Budiman, dan lainnya.

Untuk menjadi member Mercedes-Benz Club of Milllionaires ini memang butuh persyaratan yang wajib dipenuhi. Salah satu syaratnya adalah sebuah PO harus memiliki armada Mercedes-Benz minimal 50 unit dengan Vehicle Identification Number (VIN) minimal tahun 2005.

Syarat lain yang bikin geleng-geleng kepala adalah armada yang dimiliki harus sukses melampaui 1 juta kilometer tanpa turun mesin. Dilansir dari kabaroto.com, untuk mencapai persyaratan ini, seluruh pihak termasuk PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) sebagai APM, pemilik, dan pengemudi masing-masing memainkan peran yang penting dalam memastikan perawatan bus secara tepat dan teratur.

[Baca Juga: TOSCA, Komunitas Otomotif Berkonsep Keluarga]

Untuk memenuhi syarat tersebut memang tak mudah. Pihak DCVI pun tak tinggal diam. Mereka menyediakan dukungan teknis, pelatihan mekanik dan pengendara, garansi produk serta layanan-layanan tambahan lain untuk pelanggan, seperti Webparts dan On-Site Parts Stock.

Ke depannya, diharapkan komunitas kumpulan juragan bus Mercedes-Benz ini terus menjaga eksistensinya. Pun demikian dengan anggota atau member-nya yang diharapkan terus bertambah.