Mengenal-Jenis-Seat-Belt-Mobil-dari-Masa-ke-Masa.jpg

Mengenal Jenis Seat Belt Mobil dari Masa ke Masa

Kamis, 25 Oktober 2018 12:00 | Galih Pratama

Sabuk pengaman atau seat belt adalah piranti keselematan berkendara yang lazim kita jumpai pada kendaraan roda empat. Fungsinya untuk melindungi pengemudi dari kondisi berbahaya, misalnya tabrakan atau gerakan berhenti tiba-tiba.

Seat belt juga akan melindungi pengemudi maupun penumpang dari cedera serius akibat benturan dengan cara menjaga dan membatasi gerak tubuh pada posisi tepat. Bahkan bisa mencegah penumpang terlempar keluar dari kendaraan saat terjadi kecelakaan.

[Baca Juga: Jangan Asal! Begini Cara Pasang Seat Belt yang Benar]

Namun tahukah Anda, ternyata sabuk pengaman terus bertransformasi seiring perkembangan teknologi. Jenisnya pun sangat beragam dan memiliki karakteristik yang berbeda dalam memberikan rasa aman bagi pengemudi maupun penumpang saat berada di dalam mobil.

.force-limiter.jpg

Dilansir dari carereview.com pada Rabu (24/10/2018), sabuk pengaman pertama kali diaplikasikan di dalam mobil adalah jenis pangkuan. Sabuk pengaman ini biasanya sering digunakan di mobil-mobil lawas. Selain di kursi pengemudi, sabuk pengaman ini biasanya juga ditemukan pada kursi penumpang hingga baris paling belakang.

seat-belt.jpg

Selanjutnya ada sabuk pengaman dua titik. Sabuk pengaman ini mengaplikasikan sistem penahan dengan dua titik layaknya sabuk pangkuan. Model sabuk pengaman ini sangat jarang kita jumpai. Kemudian ada sabuk pengaman otomatis, sabuk pengaman ini punya kelebihan, yakni secara otomatis akan terpasang dengan sendirinya. Jenis sabuk pengaman ini dulunya hadir di mobil-mobil mewah yang diproduksi sekira awal tahun 1990-an.

sabuk-pengaman-dua-titik.jpg

Lalu, ada sabuk pengaman sash. Jenis sabuk pengaman ini punya karakteristik melintang melewati bahu. Tetapi sabuk pengaman yang mulai diaplikasikan pada mobil tahun 1960-an ini, sangat terbatas keberadaannya. Sabuk pengaman ini juga dinilai rentan sekali terlepas ketika terjadi kecelakaan atau tabrakan.

Setelah itu, berkembanglah sabuk pengaman kombinasi pangkuan dan sash. Jenis sabuk pengaman ini mulai diaplikasikan pada mobil era 1960-an dan 1970-an. Sayangnya, kombinasi sabuk pengaman ini masih memiliki banyak kekurangan. Hingga akhirnya, muncul sabuk pengaman dengan model terbaru, yakni tiga titik. Serupa dengan sabuk pengaman pangkuan dan sash, tetapi konsep tiga titik dinilai lebih aman bagi pengemudi maupun penumpang.

sabuk-pengaman-sash.jpg

Sabuk pengaman jenis ini banyak ditemukan di mobil-mobil saat ini. Khusus di Amerika Serikat, sejak 1 September 2007, semua mobil yang dipasarkan wajib dilengkapi sabuk pengaman jenis ini. Baik diaplikasikan di kursi pengemudi maupun penumpang di kursi belakang.

Seiring dengan perkembangan teknologi, sabuk pengaman saat ini semakin canggih. Terbaru ada sabuk pengaman yang dilengkapi dengan teknologi pretensioner dan force limiter. Fitur sabuk pengaman ini diklaim lebih canggih, karena lebih maksimal melindungi penumpang saat terjadi benturan.

sabuk-pengaman-pretensioner-dan-force-limiter.jpg

Dilansir dari kompas.com, pada Rabu (24/10/2018), pretensioner berfungsi memastikan sabuk yang digunakan mampu menahan badan pengemudi maupun penumpang. Sistem kerjanya menggunakan sensor yang sama dengan kantung udara atau air bag.

Saat terjadi benturan keras, secara otomatis air bag akan mengembang. Seat belt pun secara bersamaan akan langsung mengencang. Langkah ini berfungsi memaksimalkan dan mencegah tubuh dari benturan keras, baik dari depan ataupun terhempas. Setelah kejadian, secara otomatis pula seat belt akan mengendur secara sendirinya.

[Baca Juga: Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut]

Bagaimana dengan teknologi force limiter? Teknologi ini berfungsi sebagai pembatas kekuatan sabuk dalam mengendalikan beban tubuh, baik pengemudi maupun penumpang. Teknologi ini, diterapkan untuk meminimalisir benturan ke dada yang vital dalam tubuh manusia. Teknologi tersebut, sudah banyak diaplikasikan di mobil-mobil besutan Toyota.

Artikel Lainnya

/media/images/fiona-1.original.jpg

FIFGROUP Hadirkan Fiona Sebagai Kanal Digital Baru

/media/images/yaris-gr4-4.original.jpg

Sosok Toyota GR Yaris Mulai Terkuak