Electronic Parkir Brake.jpg

Mengenal Cara Kerja dan Mengoperasikan Electric Parking Brake

Jumat, 7 Februari 2020 13:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi pada kendaraan, khususnya mobil makin berkembang pesat. Bahkan, setiap tahunnya ada saja fitur terbaru yang disematkan pada mobil terbaru. Salah satu fitur yang perlu Anda kenali adalah Electric Parking Brake (EPB) atau rem parkir elektrik.

Ya, fitur ini bisa dikatakan menggantikan peran rem parkir pada mobil lawas yang masih menggunakan tuas untuk mengaktifkannya. Fitur EPB ini justru memanfaatkan sistem kelistrikan dalam mobil. Teknologi ini membuat pengereman lebih aman, dalam artian tidak langsung mengunci ban belakang.

Seperti diketahui, rem parkir dengan tuas memanfaatkan tegangan kabel untuk membuat bantalan atau sepatu rem menekan cakram. Saat tuas tidak diaktifkan, kabel akan meregang dan tidak terjadi pengereman. Namun, apabila tuas ditarik, secara otomatis kabel akan langsung menegang membuatnya terjadi pengereman. Inilah yang membuat ban belakang terkunci dalam berbagai kondisi, bahkan dalam kecepatan tinggi sekalipun.

[Baca Juga: Teknik Pengereman yang Benar Saat Kondisi Hujan]

Lain halnya dengan fitur EPB. Sistem rem parkir ini menggantikan mekanisme yang memanfaatkan kabel lewat sebuah motor yang masing-masing ditempatkan pada kapiler rem. Ketika tombol rem elektronik dioperasikan, sistem akan mengirimkan sinyal ke Electric Brake Module (EBM) yang terhubung dengan Electronic Control Unit (ECU) yang kemudian memberikan perintah pada motor untuk menekan sepatu rem ke cakram sehingga terjadi pengereman.

Dengan begitu, ban belakang tidak akan langsung mengunci pada kecepatan tinggi. Pasalnya, ECU telah medeteksi perputaran roda, pada saat yang bersamaan ECU akan mengirimkan sinyal ke EBM untuk mengaplikasikan kekuatan yang cukup pada motor guna memperlambat laju roda. Ini seperti halnya dengan Anti-lock Braking System (ABS) yang mencegah sistem ban terkunci.

Cara Mengaktifkan EPB

Untuk mengaktifkan fitur rem elektrik ini terbilang sangat praktis. Anda cukup menginjak rem kaki lalu dilanjutkan dengan menekan tombol rem parkir yang terdapat pada konsol tengah. Cara mematikannya pun mudah, tinggal ungkit tombol ke rem parkir elektronik ke atas.

[Baca Juga: Catat, Ini Waktu yang Tepat Ganti Minyak Rem Mobil]

Pada beberapa mobil terbaru yang telah disematkan rem parkir elektronik, lebih praktis dengan adanya fitur automatic release. Ini artinya sesaat sesudah transmisi dipindahkan ke posisi D (Drive), maka rem parkir elektronik bisa secara otomatis mati.

Artikel Lainnya

/media/images/Plafon-Mobil.original.jpg

Tips Mudah Bersihkan Plafon Mobil Saat WFH

/media/images/Ban-Mobil_iQXX7ny.original.jpg

Awas! Ban Mobil Bisa Meledak Akibat Kurang Angin