Emblem RS.jpg

Mengenal Arti Emblem ‘RS’ pada Mobil Honda

Senin, 24 Februari 2020 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Setiap mobil tentu memiliki penamaan atau kode khusus sesuai dengan tingkatan variannya. Contohnya pada mobil lansiran Honda. Ya, bagi Anda pemilik mobil Honda, tentu sudah akrab dengan logo atau emblem ‘RS’ yang terdapat di beberapa varian mobil Honda. Namun, apakah Anda sudah mengetahui arti dan maksud dari logo tersebut?

Untuk pasar Indonesia, memang ada sejumlah model Honda yang disematkan dengan logo RS. Seperti Brio, Jazz, Mobilio, dan yang terbaru adalah Civic Hatchback yang baru diluncurkan pada awal Februari 2020 di salah satu mal terbesar di Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Honda untuk pertama kalinya memperkenalkan varian ‘RS’ secara global adalah produk Honda Civic generasi pertama. Mobil ini menjadi model pertama yang menyandang emblem ‘RS’ dan hanya diproduksi sebanyak 20.000 unit pada 1974 hingga 1975. Hingga kini, varian Honda yang mengusung ‘RS’, selalu menjadi tipe teratas mobil terbaru Honda.

[Baca Juga: Melihat Lebih Detail Ubahan New Honda Civic RS]

New Honda Civic RS.jpg

Kembali ke logo ‘RS’, mungkin sebagian orang yang mengartikan emblem ini sebagai singkatan dari Racing Sport. Ternyata itu salah besar. Merangkum berbagai sumber, ‘RS’ ternyata memiliki kepanjangan Road Sailing, yang hingga saat ini telah menjadi Global Sporty Icon di jajaran produk Honda.

Ya, model Honda yang disematkan dengan emblem ‘RS’ memang miliki ciri khas atau karakteristik berbeda dari varian lainnya. Di mana konsep yang ditonjolkan pada model RS adalah everyday sport yang tercermin dari tampilan mobil yang didesain lebih sporty.

Bisa dikatakan, Honda dengan emblem ‘RS’ merupakan mobil harian yang tak hanya memiliki tampilan sporty dan agresif, tapi juga memiliki karakter fun to drive. Ini memberikan keseimbangan mobililitas sehari-hari dan tampilan sporty.

Tampilan sporty tersebut bisa terlihat dari sejumlah komponen tambahan khusus seperti pada bagian bodykit, velg, hingga bagian interior. Sebagai contoh, pada Honda Mobilio ‘RS’ memiliki perbedaaan dari varian lainnya. Bisa dilihat dari desain bodykit, bemper, pilihan warna, dan kombinasi kabin. Hanya saja, untuk dapur pacu tak terdapat perbedaan dari varian lainnya.

Mobilio RS.jpg

[Baca Juga: Awal Tahun, Honda Catat Penjualan Positif]

Nah, itulah penjelasan tentang arti logo emblem ‘RS’ pada mobil Honda. Jadi, jangan salah lagi mengartikan emblem ‘RS’ tersebut.