Mengenal Alexandra Asmasoebrata Pembalap Gokar Pertama Asal Indonesiajpg

Mengenal Alexandra Asmasoebrata Pembalap Gokart Pertama Indonesia

Jumat, 8 Februari 2019 11:00 | Inggil Yustiar

Bagi pecinta dunia otomotif nama Alexandra Asmasoebrata tentu sudah tidak asing lagi. Perempuan yang akrab disapa Andra ini merupakan anak dari pembalap Alex Asmasoebrata. Mengikuti jejak sang ayah, Andra juga menjadi pembalap nasional. Bahkan, dirinya sempat masuk Rekor Muri sebagai satu-satunya pembalap perempuan pertama di Indonesia dan Asia.

Alexandra Asmasoebrata.jpg

[Baca Juga: 4 Pembalap Indonesia yang Mendunia]

Mempunyai nama lengkap Allida Alexandra Nurluthvia lahir di Jakarta pada 23 Mei 1988. Andra merupakan putri ketiga dari pasanngan Alex Asmasoebrata dan Sofia Muri Mardiani. Sang ayah sendiri merupakan mantan pembalap satu angkatan dengan Aswin Bahar, Tinton Suprapto hingga Dolly Indra Nasution.

Perjalanan Karir

Mengenal Alexandra Asmasoebrata Pembalap Gokar Pertama Asal Indonesia.jpg

Dilansir dari Viva, mengikuti jejak sang ayah yang juga seorang pembalap, Andra yang masih berusia 12 tahun kala itu memulai kariernya sebagai pembalap Gokart kelas 60cc. Siapa sangka perempuan cantik ini berhasil memenangkan kejuaraan tersebut.

Untuk naik tingkat, Andra kemudian mengikuti ajang Gokart kelas 125cc. Tampaknya bakat pembalap sudah mengalir pada diri perempuan kelahiran Jakarta ini. Dengan bakatnya Andra berhasil mengantarkannya mengikuti ajang balap se-Asean. Prestasi yang luar biasa mengingat usianya yang masih sangat muda.

Atas bakat membalapnya, Andra diberi tawaran untuk melaju di arena balap internasional dengan masuk kualifikasi Formula BMW Scholarship pada 27 hingga 29 Februari 2004 di Spanyol. Selang satu tahun, Andra berhasil menjadi juara umum Formula Campus Asia 2005 yang diselenggarakan di China.

Prestasi dan perjuangannya yang mengharumkan nama Indonesia membuat Andra mendapatkan rekor MURI berupa satu-satunya pembalap Gokart perempuan pertama tingkat Asia yang berhasil menjadi juara di berbagai ajang.

Kisah Asmara

Mengenal Alexandra Asmasoebrata Pembalap Gokar Pertama Asal Indonesiapg

Parasnya yang cantik tentu menbuat banyak pria terpincut padanya. Hingga akhirnya Andra menikah dengan Dias Baskara Dewantara yang merupakan putra dari Mayjen TNI Muchdi Purwoprandjono. Awal mula mereka kenal sudah sejak kelas 1 SMA. Walaupun berbeda sekolah, kompleks tempat tinggal mereka masih dalam lingkungan yang sama.

Kisah tersebut lanjut hingga mereka beranjak dewasa. Pada 30 November 2014, mereka berdua menggelar acara resepsi pernikahan di Jakarta. Tidak tanggung-tanggung kabarnya biaya pernikahan mereka berdua mencapai Rp5 Milyar.

Pernikahan keduanya tidak berlangsung lama. Seperti yang diketahui Andra dan Dias telah berpisah sebagai pasangan suami istri. Tidak menunggu lama terdengar kabar lagi Andra akan menikah. Andra dilamar oleh keponakan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Pereli Subhan Aksa.

Acara lamaran tersebut berlangsung pada 7 Oktober 2017. Meski belum ada berita terbaru kapan mereka menikah, yang pasti mereka berdua tinggal menunggu waktu yang tepat.