Menelisik Toyota Classic AE86 Mobil Impian Rio Dewanto.jpg

Menelisik Toyota Classic AE86, Mobil Impian Rio Dewanto

Rabu, 30 Januari 2019 11:00 | Inggil Yustiar

Salah satu aktor ternama Indonesia, Rio Dewanto terkenal akrab dengan dunia otomotif. Pemeran film Filosofi Kopi ini bahkan punya mobil idaman sejak masa remaja. Seperti yang dilansir dari grid.id (31/6/18), mobil impian Rio Dewanto adalah Toyota Classic AE86. Bukan sembarang mobil tentunya, terlebih buat Anda penggemar film Initial-D, mobil keluaran Toyota ini termasuk mobil legendaris.

[Baca Juga: Sukses Menjadi Komedian ini Koleksi Mobil Mewah Milik Sule]

Populer dengan nama Toyota ‘Hachi-Roku’, mobil ini merupakan salah satu keluarga Corolla series. Diperkenalkan pada tahun 1983, mobil tersebut merupakan bagian dari generasi kelima line-up Toyota Corolla. Toyota Classic AE86 juga merupakan mobil sedan terakhir yang dibuat oleh pabrikan Toyota dengan penggerak roda belakang.

Toyota classic AE86 .jpg

Lebih jauh mengulas mobil impian Rio Dewanto, Toyota Classic AE86 dibekali dengan mesin twin-cam 4 silinder 1.587 cc. Mobil ini memiliki sistem pembakaran bahan bakar berupa injeksi, serta mampu menghasilkan tenaga dengan output gross sebesar 130 PS atau sebesar 96 kW dan torsi sebesar 150 Nm. Sementara di sector gearbox, AE86 hadir dalam transmisi 5 percepatan manual namun tersedia juga pilihan otomatisnya.

Interior Toyota Classic AE86 jpg

Sedan keluaran Toyota ini menggunakan ventilasi rem cakram. Dilengkapi dengan gaya MacPherson, suspensi pada bagian depan dan live link as pada keempat roda juga memiliki tambahan pegas untuk roda belakang. Tidak hanya itu saja, terdapat stabilizer bar pada kedua ujungnya.

Toyota Classic AE86jpg

Untuk urusan bodi, terdapat dua jenis varian, yakni Levin dan Trueno. Kedua varian tersebut ditawarkan dengan coupe dua atau tiga pintu. Gaya headlamp pada model Levin berbentuk persegi panjang, sedangkan Trueno berbentuk pop-up. Pada masanya, mobil ini dipakai untuk lomba racing drift karena mesinnya yang ganas dan bentuk bodi yang sesuai, sehingga membuat pengemudi di dalamnya merasa nyaman.