marion jola.jpg

Menelisik Mobil Impian Marion Jola ‘Jeep Wrangler Rubicon’

Jumat, 8 Februari 2019 12:00 | Inggil Yustiar

Masih teringat jelas sosok cantik Maron Jola. Solois asal Kepang, Nusa Tenggara Timur ini merupakan seorang penyanyi finalis jebolan Indonesian Idol 2018.

Biarpun dirinya tidak menjadi juara, Marion Jola tetap berkarya dan karirnya pun terbilang suskes. Bersama Rayi ‘RAN’ mereka berdua berhasil merilis single pertama yang berjudul ‘Jangan’.

[Baca Juga: Berikut Spesifikasi Rahasia Mini Cooper S Milik Ayu Ting Ting]

Tidak hanya fokus dalam bernyanyi saja, Marion Jola juga aktif dalam modeling. Hal tersebut terlihat dari unggahan foto di akun Instagram miliknya. Dari banyaknya foto tersebut, terdapat satu unggahan yang menarik. Terlihat Marion Jola berfoto dengan latar belakang mobil tangguh keluaran Amerika yaitu Jeep Rubicon. Postingan tersebut mengundang perhatian dari para pengikutnya, ternyata perempuan yang juga jago dance ini seperti yang dilansir mobilmoto.com (27/11/18) memilih Jeep Rubicon sebagai mobil impiannya.

marion jola.jpg

Lantas, apa yang membuat Jeep Rubicon begitu menarik hingga Marion Jola mengimpikan mobil tersebut? Berikut rangkuman spesifikasi Jeep Rubicon dari otopedia.com yang diambil dari beberapa sumber

Mesin

Mesin Jeep Wrangler.jpg

Sudah tidak diragukan lagi ketangguhan dari Jeep Wrangler Rubicon. Namun, siapa sangka dengan bodinya yang kokoh dan terkenal tangguh, mobil ini memiliki mesin dengan ukuran mungil. Jeep Wrangler Rubicon mempunya kapasitas mesin 2,0 liter dengan 4 silinder turbochanger dengan sentuhan eTorque mild hybrid technology dan transmisi otomatis 8 percepatan. Mesinnya yang kecil tidak membuat performa mobil ini biasa-biasa saja. Nyatanya mobil keluaran Amerika ini dapat menghasilkan tenaga 270 dk dan torsi maksimum berada di 400 Nm.

Jeep Wrangler Rubicon juga telah menggunakan low-inertia twin-scroll turbocharger dengan wastegate digerakkan secara elektronik. Turbo pada mesin ini juga dipasang tepat pada kepala silinder, tujuannya untuk meningkatkan durabilitas. Tidak ketinggalan pula sistem pendinginan khusus untuk menurunkan temperatur air intake.

Hal yang menarik terdapat pada sistem eTorque miliknya. Pasalnya, sistem tersebur menggabungkan beberapa fungsi penting, seperti auto start/stop, electric power assist, extended fuel shut-off, transmission shift management, intelligent battery charging, dan regenerative braking. Kombinasi dari fitur tersebut menjaga efisiensi mesin lebih baik, begitu juga dengan performa dan kenyamanan saat berkendara.

Interior

Interior Jeep Wrangler.jpg

Biarpun mobil ini terlihat tangguh Jeep Wrangler Rubicon tetap tidak melupakan sisi kenyaman dalam berkendara. Perpaduan antara fungsional dan tangguh, membuat interior Jeep Wrangler Rubicon terlihat nyaman dan bergaya klasik. Pada panel dasbor mobil ini menggunakan material alumunium dengan dipadukan aksen kulit klasik. Terdapat pula layar LED TFT 7 inci multitasking, dengan begitu pengemudi dapat mengatur berbagai hiburan, seperti media, tekanan ban, dan speedometer digital. Untuk mengoperasikannya sendir cukup mudah, pengemudi bisa mengaksesnya melalui tombol yang terletak pada setir.

Hal baru pada Jeep Wrangler Rubicon adalah pengemudi dapat menyalakan dan mematikan mesin melalui tombol stop start engine. Semua kontrol mobil dapat diakses melalui kontrol tengah, seperti akses memaksimalkan kemampuan off-road pada tombol Tru-lok locker electronic looking differentials.

Tidak ketinggalan pula fitur hiburan, berupa sistem infotainment uConnect 4C dengan layar sentuh 8,4 inci dan kemampuan Apple CarPlay, Android Auto dan sistem navigasi. Sistem suara pada Jeep Wrangler Rubicon ini menggunakan Alpine Premium Sound System dengan total 9 speaker dan 1 all-weather subwoofer.

Interior Jeep Wrangler.jpg

Kelebihan pada mobil ini juga terdapat fitur berupa sistem suhu udara otomatis. Dengan begitu, suhu di dalam mobil dapat terjaga menyesuaikan keadaan diluar, pengemudi pun dapat berlama-lama di dalam mobil.

Untuk fitur keselamatan sendiri, Jeep Wrangler Rubicon mempunyai beberapa fitur seperti ABS, EBD, Park view rear camera, electronic roll mitigation, electronic stability control, hill start assist, dan masih banyak lagi. Dalam kabin mobil sendiri juga terdapat airbag pada masing-masing kursi. Jeep ini juga menggunakan pelindung berupa roll bar kabin yang telah disatukan dengan lantai dan dibalut sesuai warna bodi.

Interior Jeep Wrangler.jpg

Eksterior

Eksterior Jeep Wrangler.jpg

Kesan tangguh selayaknya seorang ‘koboi’ terlihat jelas pada Jeep Wrangler Rubicon ini. Bagian depan pada Jeep terdapat grille tujuh slot dengan lekukan yang terkesan aerodinamis. Lampu pada mobil ini juga telah menggunakan premium LED. Windshield pada Jeep ini juga dapat dilipat ke bawah.

Pintu pada mobil ini bermaterial alumunium dan terlihat kokoh. Walaupun, jika dilihat kokoh ternyata pintu dapat dilepas-pasang dengan mudah, dengan begitu pengemudi dapat merasakan atmosfer berkendara di alam secara terbuka.

Eksterior Jeep Wrangler.jpg

Ketangguhan pada Jeep ini juga terlihat pada sektor bodi fender dengan alumunium ringan namun berkuatan tinggi. Hal tersebut dapat membuat pengemudi menaklukan medan terekstrem sekalipun. Dalam fender pun tersematkannya velg alumunium polished finish dengan mid-glass black pockets berukuran 17 inci dan berlapis ban BF Goodrich 33 inci.

Pada area belakang mobil terdapat LED berbentuk persegi tradisional yang terinspirasi dari model Jeep lawas. Tidak ketinggalan ban serep yang terletak pada bagian pintu belakang yang menjadikannya ikonik.

Harga

Harga Jeep Wrangler.jpg

Untuk harga sendiri Jeep Wrangler Rubicon dibanderol sekitar Rp1,6 Milyar tergantung pada kondisi dan tahun mobil.