Menelisik Mobil Ikonik Mr Bean.jpg

Menelisik Mobil Ikonik Mr. Bean

Kamis, 31 Januari 2019 17:00 | Inggil Yustiar

Bagi Anda pecinta film komedi, pasti mengenal salah satu serial televisi Mr.Bean. Karakter ikonik yang diperankan oleh Rowan Atkinson ini pernah menjadi salah satu serial paling ditunggu pada masanya. Tayang pada awal 2000-an, Mr. Bean menjadi serial komedi yang mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia.

[Baca Juga: Menelisik Keistimewaan Mobil Mendiang Marilyn Monroe]

Tidak hanya penampilan dan gaya lucunya saja yang diingat. Kendaran yang dipakai oleh Mr. Bean juga terkesan ikonik. Mobil berwarna hijau milik Mr. Bean tersebut merupakan tipe Mors Mini Cooper atau dikenal dengan Mini 1000 Mark III.

Mini Cooper.jpg

Mobil keluaran 1976 asal Inggris ini diproduksi oleh British Leyland. Perusahaan Inggris yang sebelumnya bernama British Motor Company yang juga memproduksi mobil Austin dan Morris. Mobil milik Mr. Bean memang terkenal dengan desainnya yang unik. Penggagas dari desain tersebut adalah Sir Alec Issigonis dan koleganya.

Sejarah Mini 1000 Mark III

Awalnya Sir Alec Issigonis mengembangkan model ADO-15 yang disematkan pada mobil Austin Mini Mark I dan Mark II. Kemudian dikembangkan pada model Mini 1000 Mark III. Dengan mengusung model lebih baru, yakni ADO-20.

Mors Mini Cooper sendiri merupakan mobil keluarga dengan konsep hatchback dua pintu. Memiliki dimensi panjang 3 meter, lebar 1,5meter, dan tinggi 1,3meter mobil ini memang terlihat mungil. Berat pada mobil ini hanya 617 kg dan mampu menampung berat maksimal hingga 315 kg saja.

bagasi mini cooper.jpg

Dilihat dari ukurannya yang mini, maka kabin penumpang pun juga mempunyai ukuran yang kecil. Hanya mempunyai lebar 1,1meter saja dan bisa menampung lima orang penumpang. Proporsinya sendiri ialah empat orang dewasa dan seoarang anak kecil. Ukuran kabin memang terlihat kecil, namun memiliki ruang kaki yang cukup lebar. Pada bagian belakang, terdapat bagasi yang cukup luas. Bagasi tersebut dapat menampung koper berukuran sedang, atau benda lainnya dengan dimensi kurang dari 1x 0,5x 0,4 meter.

Seperti halnya mobil lawas lainnya, pintu pada mobil ini memiliki tuas putar untuk mengatur jendela kaca, serta tempat sampah kecil pada bagian dalamnya. Kelebihan pada mobil ini ialah memberikan rasa nyaman, dengan tiap sisi jok belakang terdapat bantalan untuk meletakkan siku.

Kabin mini cooper.jpg

Satu hal unik terlihat pada bagian speedometer. Posisi speedometer tersebut berada tepat di bagian tengah, tidak langsung beradap di hadapan pengemudi. Walaupun sempat diaplikasikan pada Mini Cooper versi terbaru, tampaknya banyak pengemudi yang komplain karena letaknya yang mengganggu konsentrasi.

Setir Mini Cooper.jpg

Berbicara soal mesin, walapun tampaknya mobil ini terlihat mini, ternyata mobil Mr. Bean mampu menghasilkan akselerasi hingga 100km/h hanya dalam waktu kurang 20 detik. Dengan disematkannya bahan bakar berupa mesin BMC Austin A-Series 998 cc dengan 4 silinder, mobil ini cukup irit. Pasalnya, mobil ini hanya membutuhkan 7,8liter bahan bakar untuk menempuh jarak 100km.

Mesin Mini Cooper.jpg

Mobil Mr. Bean ini hadir dalam tiga varian. Dua varian pada citycar ini menggunakan transmisi manual dan otomatis, sedangkan satu varian lainnya merupakan Mini 1000 Stripey LE yang terlihat sporty.

Mobil ikonik milik Mr. Bean sendiri pernah dilelang dengan harga yang tidak tanggung-tanggung. Untuk membawa pulang citycar legendaris ini, Anda perlu merogoh kocek hingga 60.000 dollar atau setara dengan Rp850 jutaan.