Asap-Warna-Abu-abu.jpg

Mendeteksi Masalah Mesin Mobil dari Warna Asap Knalpot

Rabu, 7 November 2018 16:00 | Galih Pratama

Knalpot adalah salah satu saluran gas buang yang punya berfungsi mengalirkan gas buang dari ruang bakar mesin dan meredam suara yang keluar dari ruang bakar mesin. Knalpot juga sangat berpengaruh terhadap tenaga mesin. Tenaga mesin akan optimal jika knalpot didukung dengan rancangan yang dapat memberikan tekanan balik yang tepat.

Terlepas dari fungsi knalpot tersebut, pernahkan pencinta otomotif memperhatikan warna asap pada knalpot mobil Anda. Jika belum, ada baiknya mulai sekarang mengenali warna asap yang keluar dari knalpot kendaraan Anda.

Apabila mobil Anda dalam keadaan prima, dipastikan asap dari knalpot mobil tak akan mengeluarkan warna. Sebaliknya, jika asap dari knalpot berwarna, patut diwaspadai. Bisa jadi mesin mobil Anda dalam keadaan bermasalah.

[Baca Juga: Penyebab dan Solusi Memperbaiki Asap Knalpot Hitam]

Lalu bagaimana mengenali warna asap knalpot untuk mengetahui kerusakan mobil? Dilansir dari berbagai sumber, Otopedia akan mengajak pencinta otomotif mengenal lebih jauh warna asap yang keluar dari knalpot.

Asap Berwarna Putih

Dilansir dari merdeka.com pada Selasa (6/11/2018), asap putih yang dikeluarkan dari knalpot mobil Anda sebenarnya masih aman selama sifatnya masih tipis. Ini bisa disebabkan karena hasil penumpukan kondensasi, yakni perubahan uap air atau benda gas menjadi benda cair pada suhu udara di bawah titik embun yang terjadi di dalam sistem pembuangan. Umumnya, asap seperti ini akan hilang seiring dengan mesin yang mulai panas.

Mendeteksi-Masalah-Mesin-Mobil-dari-Warna-Asap-Knalpot.jpg

Lain halnya jika warna asap knalpot sifatnya tebal dan tak hilang meski mesin mobil sudah dipanaskan. Kondisi ini bisa menandakan bahwa mesin mobil Anda dalam keadaan bermasalah. Penyebabnya bisa dikarenakan kerusakan packing head, cylinder head, atau blok mesin berupa retakan yang menyebabkan coolant masuk ke ruang bakar.

Jika didiamkan dalam jangka waktu lama, kebocoran kecil ini akan menyebabkan mesin kepanasan atau overheating atau silinder head macet karena memuai.

Asap Warna Kebiruan

Jika yang dikeluarkan knalpot mobil adalah asap warna kebiruan, itu bertanda adanya oli yang terbakar di dalam mesin mobil. Dilansir dari otosia.com, salah satu penyebab warna asap kebiruan kemungkinan besar adanya masalah pada head gasket antara cylinder head dan blok mesin. Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan blown gasket.

Penyebab lain dari asap kebiruan adalah katup sil atau ring piston mesin yang telah aus. Sehingga oli pun menjadi bocor. Jika masalah ini terjadi, periksalah volume oli secara teratur dan tambahkan bila berkurang. Selama volume oli sesuai dengan kebutuhan, mobil masih dapat dikendarai. Namun hal tersebut bukanlah solusi jangka panjang. Masalah ini pun cukup serius dan sebaiknya segera ditangani sebelum biaya perbaikan semakin membengkak.

[Baca Juga: Cara Cepat Turunkan Suhu Panas dalam Kabin]

Asap Warna Abu-abu

Dilansir dari otosia.com, warna asap abu-abu yang ditimbulkan dari knalpot mobil menandakan katup positive crankcase ventilation (PCV) macet. Penyebabnya mirip dengan asap warna kebiruan, asap warna abu-abu juga disebabkan pembakaran oli yang bocor.

Asap Warna Hitam

Lain halnya jika mobil selain diesel mengeluarkan asap berwarna hitam. Itu artinya pembakaran tidak sempurna. Di mana bahan bakar dibakar secara berlebihan. Dilansir dari viva.com, efek dari pembakaran tersebut adalah borosnya konsumsi bahan bakar.

Asap-Warna-Hitam.jpg

Untuk menanganinya, hal pertama yang bisa dilakukan pemilik mobil adalah perhatikan filter udara dan komponen lainnya. Seperti sensor, injeksi bahan bakar, dan fuel pressure regulator. Masalah ini biasanya mudah diperbaiki dan langkah perbaikan dapat diawali dengan melakukan tune-up.

Apapun jenis warna asap yang dikeluarkan mobil Anda, mulai sekarang cobalah untuk sering-sering mengecek kondisi gas buang mobil Anda. Terutama saat memanasi mesin mobil di pagi hari. Jika menemukan indikasi warna asap di atas, segeralah untuk melakukan pengecekan ke bengkel kesayangan Anda.

Artikel Lainnya

/media/images/Mazda-Bintaro.original.jpg

Resmi Dibuka, Segini Target Penjualan Mazda Bintaro

/media/images/BMW-The-New-Series-7.original.jpg

Sedan Mewah Terbaru BMW Seri 7