morg-3.jpg

Menaklukkan Trans-India Challenge Bersama Morgan 3 Wheeler

Rabu, 8 Januari 2020 16:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Sebuah Morgan 3 Wheeler dipersiapkan untuk berpetualang dalam Trans-India Challenge. Perjalanan mengelilingi India selama 33 hari dan rute sepanjang lebih dari 5.500 km ini akan menguji kekuatan serta ketahanan Morgan 3 Wheeler. Perlu diketahui bahwa kondisi jalanan di India tidak sepenuhnya mulus dan lalu lintasnya pun amat menantang.

Morgan Motor Company menyuplai sebuah Morgan 3 Wheeler kepada Alan Braithwaite, pria berusia 73 tahun yang gemar melakukan aktivitas sosial dan kemanusiaan, bersama istrinya, Pat Braithwaite. Pabrikan kendaraan asal kota Malvern, Inggris, ini memproduksi mobil pertamanya yang memiliki tiga roda pada tahun 1909. Mobil tersebutnya yang menginspirasi diciptakannya 3 Wheeler di tahun 2011, yang menggunakan mesin motor V-twin (2 silinder) 2.0 liter buatan S&S yang bertenaga 82 hp.

Perjalanan Alan Braithwaite didukung penuh oleh Morgan Motor Company.

Untuk mengikuti Trans-India Challenge, Morgan 3 Wheeler berbobot 525 kg ini tidak perlu banyak modifikasi. Krazy Horse, diler Morgan di kota Bury St Edmunds, cukup meninggikan suspensi belakang agar mobil tidak mengalami kelusitan dalam menempuh jalanan rusak. Karena Morgan 3 Wheeler terlahir tanpa atap, maka setiap orang akan dapat melihat langsung pengemudi dan penumpang dari luar. Selain itu, mengendarai mobil tanpa atap pun memang terasa sensasional.

Trans-India Challenge bertujuan menggalang dana sebesar £200,000 (setara dengan Rp 3,6 milyar) untuk mendukung lembaga non-pemerintah Goonj dan untuk mendanai penelitian akademis. Tujuannya agar sampah masyarakat dapat didaur ulang, sehingga lingkungan masyarakat pun semakin membaik, mulai dari kondisi jalan, cadangan air bersih, sanitasi, maupun sekolah.

Alan Braithwaite akan mengendarai Morgan 3 Wheeler selama 33 hari di India.

Petualangan menggunakan Morgan 3 Wheeler ini terbukti menggugah jiwa sosial Ralph Lauren. Sepanjang perjalanan Trans-India Challenge, Alan dan Pat Braithwaite selalu menggunakan kaus Earth Polo dari Ralph Lauren, yang serat tekstilnya berasal dari botol plastik yang didaur ulang dan proses pewarnaannya menerapkan teknologi waterless yang inovatif.

“Morgan 3 Wheeler menjadi kendaraan yang tepat untuk Trans-India Challenge, karena keunikannya. Selain menyenangkan dikendarai, mobil ini juga memperlihatkan kehebatan Morgan di berbagai kondisi jalan,” bangga Steve Morris, Chief Executive Officer Morgan Motor Company. “Kami amat bangga karena Morgan mendukung Trans-India Challenge. Rute yang dihadapi nanti memang akan menguji kekuatan dan durabilitas Morgan 3 Wheeler di India,” imbuh Alan Braithwaite.

Morgan 3 Wheeler mengusung mesin V-twin 2.0 liter.

Trans-India Challenge dimulai pada tanggal 1 Februari 2020 di kota Mumbai, yang selanjutnya menempuh sejumlah kota seperti Pune, Hyderabad, Visakhapatnam, Puri, Kolkata, Patna, Lucknow, Agra, New Delhi, Jaipur, Udaipur, dan Ahmedabad. Lalu perjalanan kembali ke Mumbai direncanakan pada awal bulan Maret, setelah mengunjungi 11 lokasi penelitian dan proyek yang dilakukan oleh Goonj di berbagai area.