All New Honda Accord.jpg

Membedah Fitur Honda Sensing All New Accord

Selasa, 30 Juli 2019 10:00 | Galih Pratama

PT Honda Prospect Motor (HPM) belum lama ini meluncurkan All New Honda Accord di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2019 di ICE, BSD City. Dibanding versi sebelumnya, Honda Accord generasi ke-10 ini telah dilengkapi fitur-fitur teknologi mutakhir. Salah satu yang menarik perhatian adalah Honda Sensing.

“All New Honda Accord merupakan sebuah sedan premium dengan fitur keselamatan yang lengkap dan canggih. Salah satunya adalah teknologi keselamatan Honda Sensing,” kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM beberapa waktu lalu.

Honda Sensing memiliki 5 fitur keselamatan meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS) yang terintegrasi dengan Forward Collision Warning (FCW). Selanjutnya, ada Road Depature Mitigation System (RDM) yang terintegrasi dengan Lane Depature Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC) yang terintegrasi dengan Low Speed Folow (LSF), Lande Keeping Assist System (LKAS), serta Auto-High Beam.

Sistem tersebut bekerja dengan sebuah kamera monocular dan wave-milimeter radar yang terus memantau dan menilai berbagai kondisi lalu-lintas di depan mobil. Dengan kata lain, fitur ini secara otomatis akan mendeteksi potensi tabrakan.

[Baca Juga: Adaptive Cruise Control]

Fitur FCW akan memberikan peringatan audio dan visual untuk mengingatkan atau membantu pengemudi agar mengambil tindakan koreksi. Peringatan tersebut akan muncul di Drive Information Interface yang letaknya persis di depan setir.

Jika sudah diperingati dan pengemudi tidak mengambil tindakan koreksi, CMBS akan bekerja bersama dengan modular VSA untuk menginisiasi langkah pengereman yang dibutuhkan. CMBS sendiri bisa bekerja mulai dari kecepatan rendah hingga lebih dari 100 kilometer per jam.

Rem akan bekerja secara otomatis jika mendeteksi obyek di depan mobil yang sedang melaju untuk meminimalisir tabrakan. Contohnya pada jarak 5 meter dengan mobil di depannya, All New Honda Accord secara otomatis akan melambat dengan sendirinya. Bahkan, bisa berhenti total saat jarak dengan mobil di depannya yang tinggal setengah meter.

Namun, perlu diingat juga bahwa sistem FCW tak sepenuhnya mendeteksi semua obyek yang ada di depan kendaraan. Tingkat akurasi deteksi juga dapat dipengaruhi berbagai faktor, seperti cuaca dan kecepatan.

Tak hanya mampu mengerem otomatis, mobil Honda Accord terbaru ini juga ternyata bisa membututi secara otomatis mobil di depannya. Dengan fitur ACC, mobil Honda Accord ini dengan sendirinya mengikuti laju kendaraan di depannya yang berjarak sekitar 5 meter.

Misalnya kendaraan di depan All New Honda Accord berada dalam posisi diam. Selanjutnya, pengemudi mengaktifkan tombol ACC di kecepatan tertentu pada kondisi transmisi CVT masuk di D. Nah, ketika kendaraan di depan bergerak, maka Honda Accord secara otomatis akan bergerak membututi kendaraan di depan dengan jarak terpaut seperti saat berhenti sebelumnya, tanpa harus menginjak pedal gas.

[Baca Juga: Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut]

Ketika kendaraan di depan melambat dan berhenti, maka Honda Accord terbaru ini juga akan ikut melambat serta berhenti tanpa menginjak pedal rem. Fitur ini bisa membantu pengendara saat terjebak kemacetan yang sering melakukan stop and go.

Fitur Honda Sensing tersebut tentunya akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengendaranya. Bagi yang tertarik dengan All New Honda Accord, Anda harus merogoh kocek sekira Rp698.000.000.