Melihat-Ketangguhan-Suzuki-Jimny-Generasi-Keempat.jpg

Melihat Ketangguhan Suzuki Jimny Generasi Keempat

Senin, 26 November 2018 16:00 | Galih Pratama

Pencinta otomotif di Tanah Air sepertinya sudah tak sabar menunggu kehadiran kendaraan sport utility vehicle atau SUV Suzuki terbaru, yakni Jimny di pasar otomotif Tanah Air. Pasalnya, di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Tanah Air, sudah memperkenalkan wujud Suzuki Jimny generasi keempat kepada masyarakat luas.

Kehadiran Suzuki Jimny generasi terbaru itu cukup menyita perhatian pengunjung GIIAS 2018. Pasalnya, penampilan generasi terbaru mobil ini sangat fenomenal, karena membangkitkan nostalgia era 70-80an. Dibanding generasi sebelumnya, Suzuki Jimny terbaru punya tampilan yang lebih fresh dan modern. Ubahan terbarunya terdapat terlihat di sejumlah lini mobil, mulai dari eksterior, interior, hingga pada jantung pacu mobil.

Di negeri asalnya Jepang, Suzuki Jimny terbaru ini sudah dipasarkan dan mengaspal pada Juli 2018. Sementara untuk pasar otomotif Indonesia, PT SIS belum memberikan signal pasti kapan Suzuki Jimny terbaru dipasarkan. Namun bagi pencinta Suzuki Jimny, tentunya penasaran apa saja kelebihan ataupun ketangguhan dari mobil ini.

transmisi-matic.jpg

Dilansir dari otosia.com pada Rabu (24/10/2018), Suzuki Jimny terbaru memiliki dua varian, yakni Jimny dan Jimny Sierra. Kedua varian Suzuki Jimny ini berbalut desain modern retro. Namun, tampilan ini tak melunturkan kesan klasik yang dibawa dari Suzuki Jimny generasi sebelumnya. Ini terlihat dari headlamp yang bentuknya bulat.

Sementara pada kisi-kisi udara juga didesain vertikal, sehingga tetap menambah kesan klasik. Makin manis terlihat berkat tambahan fog lamp mungil pada sisi bumper depan. Secara keseluruhan, tampilan eksterior memiliki desain kotak dan minimalis.

Beranjak ke interior mobil, dilansir dari liputan6.com, Suzuki Jimny terbaru tetap punya ciri khas berkabin kotak. Hanya saja, kabin pada mobil ini lebih luas dibanding generasi sebelumnya. Sebab, pada bagian kursi belakang bisa diturunkan sehingga menghadirkan kesan luas. Ini tentu dapat membuat pemilik menaruh barang lebih banyak dengan kapasitas empat orang.

[Baca Juga: Awal 2019, Toyota Avanza Facelift Siap Mengaspal di Indonesia]

Mengenai teknologi, generasi baru Suzuki Jimny telah disematkan berbagai macam fitur canggih. Semisal monitor layar sentuh smartplay, keyless entry, engine start-stop, dan automatic headlamp. Untuk keselamatan, mobil ini dibekali enam kantong udara Electronic Stability Programme (ESP).

Bergeser ke dapur pacu, Suzuki Jimny terbaru tediri dari dua pilihan transmisi. Pertama, ada pilihan matic dengan empat transmisi percepatan. Lalu, ada manual dengan lima transmisi percepatan. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 75 Ps dan 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya bisa mencapai 130 KW pada 4.000 rpm.

[Baca Juga: Pilihan Mobil Baru di Bawah Rp200 Juta]

Khusus untuk varian Suzuki Jimny Sierra, dilansir dari kompas.com, mobil itu dibekali jantung pacu seperti All New Ertiga yang sudah dijual di Indonesia sejak April 2018. Meski mesin sama, ada sedikit perbedaan kapasitas cc antara Jimny dan Ertiga. Di mana kapasitas Suzuki Jimny mencapai 1.460 cc, sedangkan Ertiga hanya 1.462 cc.

Sementara dari sisi dimensi, Suzuki Jimny Sierra memiliki panjang 3.550 milmeter (mm), 1.645 mm, dan tinggi 1.730 mm. Sedangkan tangki bahan bakar mampu menampung 40 liter bensin dan menggunakan ban berukuran 195/80 R15.

Suzuki-Jimny.jpg

Mengenai harga, di Negeri Sakura, harga Suzuki Jimny varian terendah bertransmisi manual dibanderol dengan harga Rp189 jutaan. Sedangkan transmisi matic, dibanderol mulai dari Rp202 jutaan. Untuk varian Suzuki Sierra dibanderol mulai dari Rp228 juta hingga Rp262 jutaan.

Sementara jika dilihat dari sejarahnya, Suzuki di Indonesia pertama kali menjual Jimny pada 1979. Generasi keduanya datang pada 1990. Kemudian, setelah 27 tahun berlalu, PT SIS meluncurkan generasi ketiga Jimny sebagai obat rindu buat para penggemarnya di GIIAS 2017. Generasi ketiga Jimny hanya dijual 88 unit di Indonesia dan semuanya sudah dipesan konsumen bahkan sebelum diluncurkan.