Mobil Dinas Jokowi.jpg

Melihat Ketangguhan Mobil Dinas Baru Presiden Jokowi

Selasa, 27 Agustus 2019 16:00 | Galih Pratama

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendapatkan kendaraan dinas kepresidenan baru saat pemerintahan pada periode 2019 – 2024. Pemerintah memutuskan memilih Mercedes-Benz S600 Guard yang akan menemani keseharian Jokowi. Mobil tersebut menggantikan mobil dinas sebelumnya, Mercedes Benz S600 Pullman Guard yang dibeli pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sementara Wakil Presiden terpilih KH Ma’aruf Amin juga akan menunggangi mobil dinas yang sama seperti Jokowi. Menyoal mobil baru Presiden Jokowi dan KH Ma’aruf Amin, telah disampaikankan oleh pihak Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Kemensetneg telah memutuskan bahwa dua unit mobil Mercedez-Benz S600 Pullman Guard dipilih menjadi kendaraan keras VVIP Kepresidenan kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024.

Interior Mobil Dinas Jokowi.jpg

[Baca Juga: Mengintip Selera Mobil Presiden Vladimir Putin]

Mobil tersebut dipilih tentunya berdasarkan beberapa pertimbangan. Terutama soal spesifikasi mobil ini. Bagi yang penasaran dengan spesifikasi mobil dinas baru Jokowi ini, Otopedia kali ini akan mengulas lebih dalam mengenai spesifikasi mobil dinas Presiden Jokowi. Berikut spesifikasi Mercedes-Benz S600 Guard:

Mesin Turbo

Melansir liputan6.com, Selasa (27/8/2019), Mercedes-Benz S600 Pullman Guard dibekali mesin berkapasitas 6,0 liter V12 Biturbo. Mesin ini memiliki tenaga 537 tenaga kuda (tk) dan torsi 830 Nm dengan penggerak belakang. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 7-percepatan dan memiliki kapasitas tangki 80 liter.

Untuk fitur keselamatan, mobil ini dilengkapi dengan sistem pengereman front brake dan rear brake ventilated disc dengan brake assist. Suspensi Airmatic depan dan belakang, serta sistem kemudi electric power steering.

Anti Peluru

Mobil Jokowi.jpg

Sebagai kendaraan dinas kepala negara, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard tentunya punya fitur perlindungan yang mumpuni karena telah memiliki sertifikasi VR10 yang merupakan spesifikasi tertinggi dalam hal keamanan anti peluru di Eropa.

Di mana pada bagian bodi dan kaca mobil ini bisa menahan terjangan dari peluru senapan serbu. Bagian kaca mobil ini juga dilapisi dengan polikarbonat yang bertujuan menjaga pecahan kaca agar tidak melukai penumpang di dalam kabin.

[Baca Juga: BMW X7 “The President” Resmi Diperkenalkan, Harganya Rp2,4 Miliaran]

Tak hanya anti peluru, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard juga tahan terhadap ledakan karena telah mengantongi sertifikasi Explosive Resistant Vehicle (ERV) 2010. Rating ini yang menandakan ketahanan mobil ini pada ledakan.

Mobil ini memang dirancang dengan sasis dan pertahanan khusus yang memastikan kuat terhadap ledakan. Salah satunya dengan tambahan tameng atau pelat pada bagian bawah bodi. Ini membuat mobil tak hanya tahan serangan ledakan dari kanan-kiri saja, tapi juga atas bawah.

Selain spesifikasi dan fitur ketahanan yang disebut di atas, masih banyak lagi kemewahan dan fitur fungsional pada Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Cukup tangguh bukan!