Hyundai All New Santa Fe.jpg

Melihat Desain Hyundai All New Santa Fe yang Ciamik

Jumat, 9 November 2018 15:00 | Galih Pratama

Agustus lalu, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) merilis Hyundai All New Santa Fe generasi keempat yang bermain di segmen sport utility vehicle (SUV). Secara keseluruhan mobil SUV ini, mengalami perubahan total, mulai dari eksterior, interior, hingga dimensi mobil.

Dilansir dari kompas.com pada Rabu (7/11/2018), ubahan paling mencolok pada mobil ini terletak pada bagian depan yang kini diisi dengan cascading grille batu dan layout tiga lampu. Ini memberikan kesan tegas dan berani pada All New Santa Fe.

Penempatan LED daytime running light (DRL) yang memiliki kesan slim di atas twin projector highlight seakan mewakili nuansa kemewahan pada mobil ini. Dari sisi samping mobil, desain samping mobil ini nampak lebih aerodinamis. All New Santa Fe memiliki desain yang lebih sporty, di mana bagian pilar dibuat lebih rendah yang membuat sektor engine hood terlihat memanjang.

Beranjak kebagian belakang, mobil ini tetap menunjukkan eksistensinya dengan menampilkan kesan sporty dan mewah. Ini diaplikasikan pada stoplamp LED 3D yang membuat bagian bokong mobil ini terlihat padat dan futuristik.

All New Santa Fe 2.jpg

Sementara dari dimensi pun terdapat perubahan. Seperti dilansir msn.com, All New Santa Fe 2018 lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Panjang mobil baru ini bertambah menjadi 70 milimeter (mm) menjadi 4.770 mm. Lebarnya juga berubah jauh dari 1.639 mm menjadi 1.890 mm. Hyundai mengklaim, kabin SUV ini memiliki fungsi yang sangat berkaitan dengan desain.

Beranjak ke dapur pacu, dilansir dari carmudi.com, All New Hyundai Santa Fe ini menggunakan pilihan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya. Mobil ini menggendong mesin diesel dengan kapasitas 2.199 cc yang disematkan teknologi common rail direct injection (DRDi) dan e-VGT. Tenaga yang dihasilkan bisa menembus 191 hp (193 ps) di 3.800 rpm dan torsinya 441 Nm.

All New Santa Fe.jpg

Dibanding dari generasi sebelumnya, kini All New Santa Fe memiliki transmisi baru otomatis dengan delapan kecepatan. Kelebihan lainnya, mobil ini punya akselerasi lebih baik. Sedangkan sistem penggerak ban menggunakan teknologi atau sistem 4WD dan memiliki tiga mode berkendara, yakni comfort, eco sport, dan smart.

Sementara beberapa fitur canggih pun disematkan dalam All New Santa Fe. Dibanding generasi sebelumnya, mobil baru ini bisa dibilang memiliki fitur yang berlimpah. Terbaru, All New Santa Fe memiliki sistem passive keyless entry dengan Smart Key dan tombol Start/Stop Engine. Tersedia juga Paddle Shift dan rem parkir elektrik.

All New Santa Fe 1.jpg

Dari fitur safety, All New Santa Fe kini berkembang drastis. Diakui memang masih mengandalkan dua airbag. Namun airbag tersebut sudah dilengkapi sistem EBD (Electronic Brake Distribution), ESC (Electronic Stability Control), DBC (Downhill Brake Control) dan HAC (Hill Assist Control).

Tak hanya itu, All New Santa Fe kini memiliki konektivitas smartphone, charger nirkabel smartphone, Apple CarPlay, MirrorLink, dan pengenalan suara yang bisa diaktifkan menggunakan tombol khusus yang diletakkan di setir. Fitur lama seperti Panoramic Sunroof ekstra besar, Dual Zone Auto Climate Control dengan Ionizer, Cruise Control, tombol audio di setir dan sensor parkir masih tersedia.

[Baca Juga: Awal 2019, Toyota Avanza Facelift Siap Mengaspal di Indonesia]

Hyundai Santa Fe generasi ke-4 tersedia dalam dua varian, yaitu GLS dan XG. Masing-masing varian memiliki dua opsi mesin, yakni mesin bensin dan mesin diesel. Untuk varian diesel, harga All New Hyundai Santa Fe GLS dibanderol Rp549 juta dan varian XG diesel berbanderol Rp569 juta (OTR Jabodetabek). Sedangkan untuk varian mesin bensin, All New Santa Fe GLS dijual seharga Rp499 juta dan varian XG Rp520 juta (OTR Jabodetabek).