Sofyan Basir.jpg

Deretan Mobil Mewah Eks Dirut PLN Sofyan Basir

Selasa, 5 November 2019 10:00 | Galih Pratama

OTOFIGURE – Mantan Direktur Utama (Dirut) PT PLN Sofyan Basir kini bisa bernafas lega. Pasalnya, baru-baru ini dia divonis bebas oleh Pengadilan Tipikor. Dia dinyatakan tidak terbukti dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1 yang melibatkan salah satu pengusaha, mantan anggota DPR dan mantan Menteri Sosial.

Di balik kasusnya tersebut, ternyata Sofyan Basir punya hobi otomotif dengan sejumlah koleksi kendaraan, khususnya mobil yang cukup istimewa. Harga mobilnya pun ditaksir ada yang mencapai miliaran rupiah.

Diketahui dari situs resmi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Sofyan Basir memiliki kekayaan yang dilaporkan pada 31 Juli 2018 sebesar Rp119.962.588.941. Dari angka tersebut, sebesar Rp6.330.596.000 merupakan alat transportasi.

Toyota Alphard.jpg

[Baca Juga: Intip Garasi Mobil Kapolri Baru Idham Azis]

Dari nominal kekayaan dari alat transportasi, Sofyan Basir memiliki mobil dari jenis sedan, Multi Purpose Vehicle (MPV) hingga Sport Utulity Vehicle (SUV) mewah. Melansir mobimoto.com, Selasa (5/11/2019), koleksi mobil pertamanya adalah Toyota Alphard lansiran tahun 2013. Mobil tersebut ditaksir harganya mencapai Rp1.015.000.000.

Tak hanya satu, pria kelahiran Bogor, 2 Mei 1958 ini ternyata punya satu koleksi Toyota Alphard lansiran tahun 2009. Sepertinya hampir sebagian pejabat negara hingga selebriti memiliki MPV mewah ini.

Land Rover.jpg

Mobil mewah lainnya yang ada di garasi Sofyan Basir adalah BMW dan Jaguar. Untuk BMW tidak disebutkan jenis mobilnya, namun ditaksir nilainya mencapai Rp1,8 miliar. Ada juga Land Rover, dalam LHKPN nilai SUV mewah ini dinilai seharga Rp3 miliar dan Mercedes-Benz lansiran tahun 2011 seharga Rp 1,8 miliar.

Honda Civic.jpg

[Baca Juga: Presenter Kondang Desta Kepincut Honda Civic Estilo]

Sementara dari line up mobil sedan, Sofyan diketahui memiliki Honda Civic tahun 2016 yang diketahui harganya mencapai Rp400 jutaan. Menariknya, di garasi mobil Sofyan Basir juga terdapat mobil sejuta umat, yakni Toyota Avanza tahun 2014 yang dinilai harganya mencapai Rp115.596.000.

Itulah sejumlah koleksi mobil Sofyan Basir yang bisa dibilang cukup mewah. Ini seolah menandakan bahwa ayah dua anak ini punya selera otomotif yang tinggi. Setelah dinyatakan bebas oleh Pengadilan Tipikor, apakah Sofyan Basir akan menambah koleksi mobil terbarunya?

Artikel Lainnya

/media/images/Kapolri-Idham-Azis.original.jpg

Intip Garasi Mobil Kapolri Baru Idham Azis

/media/images/Mobil-Maruf-Amin.original.jpg

Intip Mobil Wapres Ma’ruf Amin Seharga Rp1,6 Miliar