mcl-speedtail-1.jpg

McLaren Speedtail Telah Menyelesaikan Pengetesan Tahap Akhir

Jumat, 27 Desember 2019 17:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - McLaren kembali ingin mengeksplor kecepatan untuk produknya. Program pengembangan teknis untuk McLaren Speedtail terus dilakukan bersama Kenny Brack, selaku Chief Test Driver McLaren, di area Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat. Di lokasi tersebut, McLaren Speedtail diajak berlari hingga 403 km/jam.

Uji coba mencapai 403 km/jam dilakukan lebih dari 30 kali di atas landasan pacu pesawat ulang alik.

Pengetesan akhir untuk kecepatan tinggi McLaren Speedtail dilakukan sebanyak lebih dari 30 kali pada landasan pacu pesawat ulang-alik di Johnny Bohmer Proving Ground. Pengetesan ini menjadi salah satu dari rangkaian uji coba yang dilakukan di beberapa proving ground di dunia, termasuk di Applus+ IDIADA Proving Ground (Spanyol) dan ATP Automotive Testing Papenburg (Jerman).

Hyper GT paling aerodinamis yang pernah dibuat oleh McLaren.

Pembuatan batch awal dari 106 unit Speedtail telah dilakukan di McLaren Production Centre, di kota Woking, Inggris. McLaren berencana untuk mulai mendistribusikan unit Speedtail kepada para pembelinya pada bulan Februari 2020.

[Baca Juga: McLaren Elva, Supercar Atap Terbuka Seharga Rp23 Miliar]

“Kami sangat puas dengan program pengetesan kecepatan tinggi yang dilakukan di sejumlah tempat selama ini, sehingga kami mengetahui seluruh kemampuan dan performa dari McLaren Speedtail. Mobil ini membuktikan karakter dan kepiawaian McLaren dalam menciptakan produk supercar yang memiliki performa setara hypercar,” bangga Mike Flewitt, Chief Executive Officer McLaren Automotive, dalam rilis yang diterima Otopedia.com (26/12/19).

McLaren Speedtail memiliki tenaga maksimum 1.055 hp dan torsi puncak 1.150 Nm.

Dengan memadukan bodi yang indah, teknologi mutakhir, dan performa spektakuler, Speedtail menjadi ujung tombak dari jajaran produk McLaren Ultimate Series. McLaren Speedtail memiliki panjang 5,2 meter, yang bodinya terdiri dari material serat karbon. McLaren menjuluki Speedtail sebagai Hyper GT paling aerodinamis yang pernah dibuat.

McLaren Speedtail hanya dibuat sebanyak 106 unit saja.

Sumber tenaga hybrid McLaren Speedtail berasal dari kombinasi mesin dan motor listrik yang menghasilkan output fenomenal, yakni tenaga maksimum 1.055 hp serta torsi puncak 1.150 Nm. Sejumlah prestasi kecepatan yang diraih oleh Speedtail bahkan melebihi ekspektasi McLaren sendiri. Akselerasi 0-300 km/jam dicapai kurang dari 13 detik dan top speed mencapai 403 km/jam.