bmwcci-club-event-4.jpg

Mau Ikut BMWCCI One Make Race 2020? Ini Persyaratannya

Senin, 17 Februari 2020 15:00 | Aldi Prihaditama

OTOEVENT - Dalam seri balap BMW Car Club Indonesia (BMWCCI) One Make Race tahun 2020, kini terdapat dua kategori kendaraan. Seperti yang berlangsung selama 2 tahun terakhir, seri balap ini hanya diikuti oleh peserta yang membesut BMW Seri 3 tipe E36 318i saja. Namun mulai tahun ini, pihak penyelenggara membuka kategori kendaraan baru, yakni BMW Seri 3 tipe E30 318i. Hal ini tentu akan membuat seri balap ini semakin seru dan atraktif.

“BMWCCI ingin menjadi klub mobil yang mampu melahirkan para pembalap nasional untuk dapat berkompetisi tak hanya di Indonesia saja, namun juga di tingkat internasional. Contohnya ialah Gerry Nasution dan Renaldy Hutasoit,” kata Aditya Kurniawan, selaku Ketua Pelaksana BMWCCI One Make Race 2020, ketika acara peluncuran BMWCCI Club Event dan sosialisasi regulasi balap BMWCCI One Make Race 2020 (15/2/20).

Peresmian seri balap BMCCI One Make Race tahun 2020.

Pernyataan Aditya Kurniawan itu ternyata memang cukup serius, dalam dalam acara peluncuran BMWCCI Club Event tersebut dihadiri pula oleh racing committee Djembar Kartasasmita, pembalap senior Jimmy Lukita dan Nanang Basnawi, tak ketinggalan pembalap muda nasional Gerhard Lukita serta Emmanuel Amandio.

Acara peresmian event klub BMWCCI One Make Race 2020 dihadiri pula oleh Vivi Montolalu, Jimmy Lukita, dan Gerhard Lukita.

Seri balap BMWCCI One Make Race ini tentu juga diapresisasi oleh sejumlah pihak yang tentunya erat dengan dunia motorsport Tanah Air, termasuk dari ABM Motorsport selaku penyelenggara seri balap Indonesian Sentul Series of Motorsport 2020. “Kami amat gembira dan selalu mendukung seri balap yang digelar oleh BMWCCI ini. Karena sejak tahun 2018, BMWCCI One Make Race sudah menjadi bagian dari kegiatan balap di sirkuit Sentul,” ujar Vivi Montolalu, selaku Principal ABM Motorsport, di kesempatan yang sama.

Potong tumpeng jadi penanda diluncurkannya event klub BMWCCI One Make Race 2020.

“Persyaratan untuk mengikuti seri balap BMWCCI One Make Race 2020 tidak sulit. Peserta yang ingin ikut harus anggota aktif dari BMWCCI dari masing-masing Chapter atau Register dan dapat menunjukkan surat keterangan perwakilan dari Chapter atau Register asal. Baik untuk kategori kendaraan BMW E36 maupun E30, kendaraan peserta harus menggunakan komponen standar, mulai dari struktur bodi dan chassis, transmisi, hingga mesin,” jelas Antonius GP, selaku Dewan Teknis BMWCCI Motorsport Division.

[Baca Juga: Ada Kategori Baru di BMWCCI One Make Race 2020]

Meski begitu, aspek perangkat keamanan dan keselamatan wajib mengacu pada standar dari regulasi yang dikeluarkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). Lantas, peserta harus menyiapkan biaya pendaftaran sebesar Rp 23 juta (terdiri dari biaya pendaftaran untuk 6 seri balap, biaya administrasi dan asuransi, serta empat buah ban Michelin Pilot Sport 4 ukuran 215/45 R17).

Kategori kendaraan baru, yakni BMW E30, diharapkan membuat seri balap BMWCCI One Make Race semakin marak.

Selain itu, masih ada beberapa biaya pendukung lain yang harus dipersiapkan oleh peserta. Terdiri dari sewa tenda pit untuk satu unit mobil balap per satu seri balap sebesar Rp 750 ribu, biaya pembelian satu set suspensi Bilstein B14 PSS Coilover seharga Rp 15 juta, serta empat buah ban Michelin Pilot Sport 4 ukuran 215/45 R17 pada seri balap 3 dan 5 dengan harga Rp 4,4 juta per set.

Artikel Lainnya

/media/images/munas-taci-banten-2.original.jpg

TACI Sukses Gelar Musyarawah Nasional Ketiga di Banten

/media/images/jogja-sprint-rally-1.original.jpg

Kejuaraan Daerah Jogja Sprint Rally Ramai Partisipan

/media/images/regulasi-etcc-2020-1.original.jpg

Regulasi Open Tire Agar Balap ETCC 2020 Semakin Marak