Suzuki XL7.jpg

Masuk Segmen SUV, Segini Target Penjualan Suzuki XL7

Sabtu, 15 Februari 2020 19:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Suzuki baru saja meluncurkan model low Sport Utilty Vehicle (SUV) bernama XL7. Di segmen tersebut, Suzuki XL7 langsung berhadapan dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Mitsubishi Xpander Cross yang sudah eksis terlebih dahulu. Meski begitu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tetap ‘pede’ Suzuki XL7 mampu bersaing dan menagetkan penjualan sebanyak 2.000 unit per bulan.

“Target jualan kami 20 persen dari market share. Kira-kira total market low SUV 10.000 unit per bulan, berarti 20 persen dari 10.000 itu kira-kira 2.000 unit per bulan," kata Donny Saputra, Direktur Pemasaran 4W PT SIS di sela-sela acara peluncuran Suzuki XL7 di Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020).

[Baca Juga: SUV Baru Suzuki XL7 Resmi Dipasarkan, Harga Mulai Rp230 Juta]

Apabila dilihat dari sisi pembelinya, lanjut Dony, karekteristik pembeli low SUV memang berbeda dengan low Multi Purpose Vehicle (MPV). Khusus untuk pasar low SUV hampir 50 persen pembelinya adalah orang yang telah memiliki mobil atau yang ingin mengganti mobilnya. Berbeda dengan low MPV, pembelinya justru paling banyak adalah first buyer. “Kalau low MPV kan pembelinya didominasi first buyer, hampir 70 persen. Kalau low SUV hampir 50 persen pembelinya sudah memiliki mobil,” jelas Dony.

Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari sisi usia pembelinya. Menurut Dony, di mana rata-rata pembeli mobil low MPV didominasi usia dari 30-35 tahun. Sedangkan low SUV lebih mengarah pada usia 35-40 tahun. “Kenapa bisa begitu, saat pertama membeli pasti jenis mobilnya adalah low MPV, pas mau replace biasanya berubah menjadi low atau medium SUV,” kata Dony.

Genjot Penjualan

Untuk merealisasikan target penjualan di atas, PT SIS sudah menyiapkan sejumlah ‘senjata’ program penjualan Suzuki XL7. Salah satunya adalah dengan memberikan benefit lebih, khususnya bagi pelanggan loyal Suzuki yang ingin melakukan trade-in. “Bagi pelanggan loyal kami yang ingin trade in, ada tambahan cashback sebesar Rp3,5 juta selama Februari,” jelas Dony.

[Baca Juga: Digelar April, IIMS 2020 Hadirkan Program Tukar Tambah Mobil]

Kedua, kata Dony, PT SIS akan menggandeng sejumlah klub Suzuki sebagai ‘duta’ untuk memperkenalkan Suzuki XL7. “Ini kita lakukan agar lebih dekat dengan konsumen. Selain itu, program penjualan lain, sales promo, hingga gathering dengan pelanggan loyal,” ujar Dony.

Sementara Suzuki XL7 sendiri dipasarkan dalam tiga varian, yakni Zeta, Beta, dan Alpha. Untuk tipe terendahnya dibanderol mulai dari Rp230 jutaan. Sedangkan varian tertinggi (Alpha) mulai Rp256.500.000.