quattroporte-6.jpg

Maserati Quattroporte Telah Jadi Mobil Kenegaraan Italia Sejak Empat Dekade Silam

Kamis, 19 Desember 2019 15:00 | Aldi Prihaditama

OTONEWS - Empat puluh tahun silam, satu unit Maserati Quattroporte bertransmisi otomatis dan satu unit Maserati Quattroporte bertransmisi manual, dipersembahkan kepada Presiden Italia, Sandro Pertini, tepatnya pada 14 Desember 1979. Menteri Industri dan Perdagangan Italia Antonio Bisaglia dan Chief Executive Officer Maserati Alejandro de Tomaso pun turut menghadiri seremoni yang diadakan di Quirinal Palace, Roma.

Maserati Quattroporte generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 1979 ini, dirancang oleh Giorgetto Giugiaro dan menjadi mobil pertama yang dirancang saat era manajemen de Tomaso sejak tahun 1976. Mobil ini masih menganut karakter asli yang dimiliki oleh Quattroporte generasi pertama yang diperkenalkan pada tahun 1963. Meski kini telah terlihat lebih formal dan tidak terlalu sporty.

Maserati Quattroporte sering mnejadi pilihan orang-orang VIP.

Quattroporte generasi 3 menerapkan karakter kemewahan tingkat tinggi pada interiornya. Sedangkan performa mobil ini berasal dari mesin V8, dengan dua pilihan kapasitas, yakni 4,2 liter 255 hp dan 4,9 280 hp. Meski berpredikat sebagai mobil premium papan atas, namun top speed yang dimilikinya setara dengan mobil sport era itu, yaitu mencapai 220 km/jam.

[Baca Juga: Maserati 5000 GT Lahir Karena Keinginan Shah Persia]

Di tahun 1982, Sekretariat Jenderal Kepresidenan Italia memesan unit Quattroporte dengan bodi khusus antipeluru kepada Maserati. Satu tahun kemudian, sebuah Quattroporte berwarna Dark Aquamarine dengan interior berwarna beige velvet, diantar langsung oleh pihak Maserati kepada Presiden Sandro Pertini.

Maserati Quattroporte pesanan khusus sesuai preferensi Presiden Italia Sandro Pertini.

Sederet fitur khusus sesuai dengan preferensi pribadi Presiden pun dibuat oleh Maserati, sebut saja asbak berukuran besar dengan penyangga pipa rokok, di antara jok belakang. Tak ketinggalan bar cabinet, telepon mobil, hingga perangkat intercom untuk berkomunikasi dengan orang di luar kendaraan.

Kabin kendaraan dilapisi bahan antipeluru, berkat panel bodi komposit baja dan logam mangan. Keseluruhan kaca pun bersifat antipeluru dengan material polycarbonate setebal 31 mm. Sedangkan panel atap belakang dapat dibuka, sehingga memungkinkan Presiden untuk berdiri dan melambaikan tangan ketika parade berjalan.

Maserati Quattroporte Royale haya dibuat sebanyak 51 unit saja.

Di tahun 1986, Maserati meluncurkan Quattroporte Royale dengan interior yang lebih mewah, dengan menggunakan material kulit yang amat lembut dan bahan kayu burr walnut untuk panel dashboard serta panel pintu. Selain itu, terdapat perangkat telefon mobil dan meja lipat pada panel pintu belakang. Karena amat eksklusif, Maserati Quattroporte Royale bermesin V8 4,9 liter 300 hp ini hanya dibuat 51 unit saja.

Kini, Maserati Quattroporte tetap menjadi pilihan bagi mobil kepresidenan Italia

Saat ini, Presiden Italia Sergio Mattrella telah menggunakan Maserati Quattroporte generasi keenam berwarna Blu Istituzionale sejak 2 Juni 2019. Mobil kepresidenan ini memiliki interior yang bernuansa Black Piano dan dilapisi dengan material kulit Pieno Fiore. Maserati telah menggunakan material soundproofing dan fitur keselamatan berkualitas tinggi, guna memberikan rasa aman serta nyaman ketika berkendara. Quattroporte kepresidenan ini mengusung mesin V8 3,8 liter bi-turbo yang bertenaga 530 hp dan memiliki torsi puncak 650 Nm.