Mahindra Scorpio.jpg

Mahindra Scorpio Masuk Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Jumat, 18 Oktober 2019 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Mahindra, produsen otomotif asal India meluncurkan mobil pikapnya untuk pasar Indonesia. Mahindra Scorpio Pikap namanya. Mobil komersial yang dipasarkan melalui RMA Indonesia ini hadir dalam dua pilihan, yakni Scorpio single dan double cabin.

Tampilan secara keseluruhan, mobil pikap ini menggabungkan sasis yang kokoh dengan mesin kuat guna mempermuadah mobilitas para penggunya. Secara dimension, Mahindra Scorpio memiliki dimensi panjang 5.165 milimeter (mm), lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.850 mm untuk single cabin.

Sedangkan untuk varian double cabin memiliki dimensi panjang 5.155 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.940 mm. Scorpio Pikup mampu membawa muatan 1-1,2 ton, dengan kemampuan towing (penarik) maksimum hingga 2,5 ton.

Pada sektor eksterior, bagian depan mobil hadir dengan scoop bonnet (lubang udara diatas kap mesin) yang sporty, grille depan dan lampu depan proyektor yang memperkuat karakter sporty-nya.

Sedangkan bagian dalam mobil ini juga bisa dibilang cukup menarik. Karena mulai dari trim bernuansa hitam dan abu-abu yang memberi kesan maskulin serta elegan, kluster instrumen futuristik, bluetooth, USB dan AUX.

Pada varian top-end dari pikup mencakup fitur-fitur seperti ESP, Hill Descent Control, TPMS, Cruise Control, kontrol suhu otomatis, layar sentuh infotainment dengan kamera tampak belakang dan velg alloy.

[Baca Juga: Cara Mudah Merawat Velg Mobil Tetap ‘Kinclong’]

Sementara untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara, mobil ini dibekali fitur keselamatan termasuk ABS, EBD, airbag ganda pada sisi pengemudi dan penumpang. Ada juga teknologi anti roll dan zona crumple untuk perlindungan kecelakaan serta kolom kemudi yang dapat dilipat.

Soal dapur pacu, Mahindra Scorpio menggendong mesin diesel mHawk 2.200 cc yang mampu memuntahkan tenaga hingga 140 daya kuda (tk) dan torsi 320 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Dengan mesin tersebut, pikap asal India ini menawarkan penghematan bahan bakar hingga 11,2 km/liter. Terlebih, Scorpio Pikup hadir dengan standar sistem Micro Hybrid - Sistem Stop Start yang membantu menghemat hampir 5 persen bahan bakar oleh mesin yang canggih.

Untuk penggerak rodanya juga dilengkapi transfer mode kendara 2WD dan 4WD secara elektronik yang memudahkan pengendara dalam melibas medan jalan yang berat yang dibantu oleh diferensial penguncian mekanis Eaton.

[Baca Juga: Ini Bedanya Sistem Penggerak Roda 4WD dan AWD]

Bagaimana dengan harganya? Khusus untuk Mahindra Scorpio single cabin 4x4 MT dibanderol Rp278 juta on the road (OTR). Sedangkan Scorpio double cabin 4x4 MT dibanderol Rp318 juta (OTR), dengan empat pilihan warna yakni Red Rage, De-Sat Silver, Diamond White, dan Napoli Black.

Untuk persaingan di pasar double cabin Tanah Air, diketahui sudah ada merek yang cukup mapan, yakni Mitsubishi dengan Triton dan Toyota dengan Hilux. Namun, secara harga kedua merek ini masih cukup tinggi dibanding Mahindra Scorpio. Mampukah model asal Bollywood ini bersaing dengan kedua merek Jepang tersebut?