Mahindra Scorpio.jpg

Mahindra, Merek Mobil India yang Rambah Tanah Air

Jumat, 18 Oktober 2019 11:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Pasar otomotif Indonesia ternyata punya daya tarik tersendiri bagi sebagain produsen mobil di dunia. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Mahindra, pabrikan otomotif asal India yang kini meramaikan peta persaingan bisnis otomotif dalam negeri

Merek Mahindra tentunya masih terasa asing di telinga masyarakat Indonesia. Di negeri asalnya, brand ini merupakan merek mobil terbesar ketiga. Mereka juga telah melebarkan sayap ke Eropa, Amerika (Utara dan Selatan), Australia sampai Afrika Utara.

Melansir kumparan.com, Jumat (18/10/2019), di awal eksistensinya, perusahaan yang didirikan oleh Mahindra bersaudara dan Malik Ghulam Mohammed pada 1945 ini, menjadi perakit mobil Willys Jeep di India. Mereka memulai perakitan CJ3 pada 1954.

Setelah merakit Jeep, Mahindra juga mendapat lisensi untuk memproduksi mesin Diesel Peugeot 4-silinder dan transmisi pada 1979. Lalu di 1982, giliran Kia yang memproduksi transmisi KMT90 4-percepatan miliknya di pabrik Mahindra.

[Baca Juga: New Carry Pikap Masih Menjadi Tulang Punggung Penjualan Suzuki]

Baru pada 2007 mereka akhirnya memberanikan diri membuat mobil penumpang pertama mereka, berkolaborasi dengan Renault. Model pertama yang dilahirkan adalah jenis sedan, Logan. Sepanjang kiprahnya, diperkirakan mereka telah merancang sebanyak 20 model kendaraan.

Rambah Pasar Indonesia

Di Indonesia, penjualan Mahindra akan dipegang oleh RMA Indonesia. Pada 2016, RMA Indonesia dipercaya memegang layanan purna jual dari Ford. Ford sendiri sudah melakukan kerja sama joint venture dengan Mahindra. Keduanya berkomitmen bergandengan untuk berkembang di India dan di negara lain dengan pasar yang tengah berkembang.

Menurut Joydeep Moitra, Head of International Operations Automotive, Mahindra & Mahindra Ltd, pasar mobil komersial di Indonesia salah satu yang paling kompetitif dan diminati di dunia.

“Kami merasa sangat senang bisa menjadi bagian dari pasar yang semankin menarik dengan potensi pertumbuhan yang luar biasa. Secara global, mobil Scorpio Pikup telah diterima dengan baik dan kami yakin mobil ini juga akan menerima sambutan hangat oleh masyarakat Indonesia,” ujar Joydeep seperti dilansir otodriver, Jumat (18/10/2019).

[Baca Juga: Intip Spesifikasi Mobil Pikap Esemka Bima]

Sebagai permulaan, saat ini mereka baru menghadirkan satu model saja di pasar otomotif Indonesia. Adalah Scorpio Pikup, mobil komersial ini hadir dalam dua varian, yakni single dan double cabin.

Mobil pikap ini hadir dengan mesin diesel 2.200 cc 4 silinder turbo mHawk. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga 140 tenaga kuda (tk) dan dan torsi 320 Nm. Sedangkan transmisinya manual dengan 6 percepatan dan penggerak empat roda atau 4 wheel drive.