Linguatronik-2

Linguatronik

Kamis, 21 Februari 2019 17:00 | Galih Pratama

Linguatronik adalah sebuah sistem yang bertujuan menunjukkan alamat tertentu yang dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS). Tak hanya menunjukkan arah, sistem ini juga sangat peka dengan perintah suara. Sehingga pengemudi bisa mengaktifkan fitur ini dalam mobil hanya dengan melakukan perintah lewat suara.

Sistem ini akan mengenali suara dari pengemudi dan menunjukkan tempat yang disebutkan hanya dengan satu kalimat saja. Contohnya Jakarta Selatan, Kramat Pela. Jakarta Selatan adalah nama kota dan Kramat Pela adalah nama jalannya. Maka secara otomatis, sistem ini akan mencari dan menunjukkan arah sesuai perintah suara si pengemudi.

Sejarah

Pabrikan mobil pertama yang memperkenalkan sistem linguatronik adalah Mercedes Benz pada tahun 1996. Selang tujuh tahun, sistem linguatronik berevolusi dengan penambahan fitur. Fitur tambahan tersebut adalah kemampuan untuk mengatur radio dan penggantian compact disc secara otomatis.

[Baca Juga: Back Sonar System]

Komponen Linguatronik

GPS

GPS yang terintegrasi di dalam mobil untuk membantu pengemudi mengantarkan ke tempat tujuan. Pemakaiannya hanya dengan menyebutkan kota dan nama dengan satu kalimat saja, maka secara otomatis GPS akan menuntun pengemudi ke alamat tujuan.

Sistem Respons Suara

Sistem linguatronik menggabungkan ribuan rekaman terpisah untuk dijadikan dialog dengan pengemudi. Sistem ini akan merespons suara pengemudi, bahkan bisa menanyakan kembali maksud dari si pengemudi. Ini sama halnya dengan pengemudi berbicara dengan komputer langsung.

Referensi: wikipedia.org, teknik-otomotif.com