Toyota Program Satria.jpg

Lewat Program Satria, Toyota Blusukan Cari Atlet Muda Berbakat

Kamis, 29 Agustus 2019 11:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Tak hanya memproduksi dan menjual mobil saja, pabrikan mobil asal Jepang, Toyota juga berkomitmen membina atlet muda agar bisa berprestasi dan berkesempatan mewakili Indonesia di ajang olimpiade. Gerakan tersebut merupakan program bertajuk ‘Satukan Bakat Negeri Kita’ (Satria) yang menjadi bagian dari kampanye ‘Start Your Impossible’.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan bahwa program ini merupakan bentuk kontribusi Toyota bagi bangsa dan masyarakat Indonesia, khususnya untuk membantu pengembangkan para atlet muda potensial.

“Berbeda dari sponsorship pada umumnya, Toyota tak hanya mendukung atlet-atlet pro yang sudah sukses, tapi juga memberikan dukungan kepada atlet muda potensial,” ujarnya saat sesi konferensi pers di bilangan Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

[Baca Juga: Tahun Depan, Toyota Gencar Luncurkan Mobil Listrik]

Indonesia memiliki banyak atlet muda potensial, namun harus diakui ada sebagian dari mereka yang kekurangan dukungan dalam hal pelatihan ataupun finansial. Lewat progam Satria, Toyota akan membantu memberikan dukungan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Mulai dari segi finansial, training, mentoring, hingga coaching.

“Lewat kampanye ini, kami juga ingin menginspirasi seluruh masyarakat dari kisah-kisah atlet yang pantang menyerah dalam berprestasi,” tambahnya.

Toyota membentuk tim pencari bakat khusus atlet muda berbakat. Tim itu terdiri dari Richard Sambera, mantan perenang nasional, tokoh penting olahraga disabilitas Indonesia Nino Susanto dan wartawan senior olahraga Eko Widodo. Mereka akan mencari dan menyeleksi sebanyak 20 atlet muda potensial dari berbagai cabang olahraga.

“Ada 20 atlet muda di bawah 20 tahun yang akan kami pilih dan diberikan support sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Lalu, akan dipilih lagi 6 orang yang diberikan kesempatan berkunjung ke Olympic Games dan Paralympic Games Tokyo 2020,” kata Richard.

[Baca Juga: Soal Mobil Listrik, Toyota: Masyarakat Perlu Edukasi]

Sementara untuk memaksimalkan program Satria, Toyota juga menggandeng ganda putra nasional Marcus Fernaldi Gideon dan Ni Nengah Widiasih, atlet para angkat besi. Keduanya akan berbagi pengalaman dan menginspirasi atlet muda dalam menggapai impiannya.

“Program ini sangat menarik dan menginspirasi banyak orang. Banyak atlet muda berbakat yang tidak berkembang karena tidak terpantau. Namun, semua akan diatasi dengan kehadiran program ini. Dan saya bangga bisa terpilih ikut serta dalam program ini,” ujar Marcus.