Tatiana Calderon.jpg

Lebih Dekat dengan Tatiana Calderon, Pembalap Wanita Pertama di Ajang F2

Rabu, 27 Maret 2019 13:00 | Galih Pratama

Tahun ini, sejarah baru tercipta dalam dunia balap mobil Internasional. Tatiana Calderon secara resmi menjadi pembalap wanita pertama yang akan berlaga di Formula 2 (F2) di musim 2019. Pembalap berdarah Kolombia ini resmi direkrut Tim F2 BWT Arden.

Dilansir dari medcom.id, Rabu (27/3/2019), Tatiana dipastikan menjadi pembalap kedua dari tim Arden. Dia akan mendampingi Anthonie Hubert yang juga baru direkrut tim tersebut pada musim ini. Penasaran dengan kiprah Tatiana di ajang balap mobil? Otopedia kali ini ingin mengajak Anda mengenal lebih dekat dengan sosok pembalap cantik ini.

[Baca Juga: Mengenal Alexandra Asmasoebrata Pembalap Gokart Pertama Indonesia]

Karier Balap

Tatiana Calderon lahir di Bogota, Kolombia, pada 10 Maret 1993. Dia lahir dari keluarga penjual atau diler mobil. Ayahnya, Alberto Calderon merupakan sepupu dari Presiden Kolombia Juan Manuel Santos.

Kiprahnya di dunia balap dimulai ketika memasuki usia 9 tahun. Kala itu, dia mulai diperkenalkan dengan gokart. Dari situ, bakatnya mulai terasah. Pada 2005, dia mampu menjuarai EasyKart National Championship.

Pada usia 17 tahun, ia beralih ke balap mobil bersama Star Mazda Championship, dan sempat dua kali naik podium pada 2011. Selang tiga tahun kemudian, dia berhasil menjadi juara Florida Winter Series 2014 dan runner-up MRF Challenge Formula 2000 Championship 2016.

Atas prestasinya tersebut, Tatiana kemudian direkrut tim Arden untuk berlaga di GP3 pada musim 2016. Tak hanya itu, dia juga pernah bergabung dengan salah satu tim F1, Sauber pada 2017. Kala itu, dia merupakan pembalap yang masuk dalam program pengembangan Sauber.

[R#]

Dari situ, karier Tatiana makin meroket. Hingga akhirnya, dia dipromosikan menjadi pembalap test drive bersama Sauber pada F1 musim 2018. Penampilan pertamanya bersama Sauber terjadi di Sirkuit Autodromo Hemanos Rodriguez pada Oktober 2018. Debutnya tersebut juga menjadikan dirinya sebagai wanita Amerika Latin pertama yang mengendarai ‘jet darat’ F1.

Saat ini, Tatiana Calderon bersama tim Arden tengah melakukan persiapan untuk menghadapi seri pertama F2 musim 2019 di Bahrain yang berlangsung pada 29 hingga 31 Maret. Patut kita tunggu aksi pembalap cantik ini di ajang F2.

[Baca Juga: 4 Pembalap Indonesia yang Mendunia]