MINI JCW.jpg

Lebih Dekat dengan Dua MINI Bertenaga Hingga 306 HP

Selasa, 18 Februari 2020 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Selain meluncurkan New MINI Clubman, MINI Indonesia juga memperkenalkan dua anggota keluarga baru, yakni New MINI John Cooper Works (JCW) Clubman dan New MINI JCW Cooper Works Countryman. Kedua model MINI JCW ini diklaim sebagai MINI dengan mesin paling bertenaga yang pernah ada.

Kidd Yam, Head of MINI Asia mengatakan, kedua MINI JCW ini merupakan generasi terbaru yang menggendong mesin empat silinder yang dikembangkan untuk rangkaian kendaraan dengan teknologi MINI TwinPower Turbo.

“Dengan mesin tersebut, tingkatan performa mesin menjadi lebih besar 36 persen menjadi 306 horsepower (hp) dan torsi bertambah 29 persen menjadi 450 Nm. Akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dengan waktu 4,9 detik,” ujar Kidd di sela-sela acara peluncuran New MINI Clubman di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Kehadiran kedua varian ini, MINI buktikan bahwa kendaraan sport kompak premium tetap nyaman untuk digunakan untuk sehari-hari bahkan di jalan berbatu dengan kemampuan sistem penggerak semua-roda ALL4 sebagai standar,” tambahnya.

[Baca Juga: Dua Varian New MINI Clubman Mengaspal di Indonesia]

Mesin MINI JCW.jpg

Mengenai dapur pacu, mesin empat silinder pada kedua model ini telah diubah secara komprehensif dari pendahulunya. Output yang meningkat jauh dibandingkan dengan mesin sebelumnya juga dibantu oleh turbocharger yang lebih besar, dengan pengurangan rasio kompresi dari 10,2 menjadi 9,5 untuk menyamai peningkatan tekanan pengisian sistem.

Selain itu, turbocharger yang terintegrasi dalam exhaust manifold dilengkapi dengan katup pembuangan yang berkontribusi terhadap karakteristik responsnya yang dioptimalkan. Saluran air intake juga telah disempurnakan.

Mesin depan berkapasitas 1.998 cc yang dipasang di kedua kendaraan MINI sport ini disandingkan dengan transmisi 8-percepatan Steptronic sports. Generasi terbaru dari transmisi ini memiliki efisiensi internal yang ditingkatkan dan kemiringan sumbu kemudi yang diperpanjang - berkontribusi pada putaran mesin yang lebih rendah ketika berkendara di gigi yang lebih tinggi.

Tak hanya menawarkan sensasi berkendara layaknya mobil sport, kedua MINI ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa pengereman sports terbaru. Sistem ini telah dirancang ulang dan sekarang telah memiliki rem cakram dengan kaliper 4-piston pada roda belakang. Sedangkan cakram rem di bagian depan sebesar 360 × 30 mm di depan dan 330 × 20 mm di belakang.

MINI JCW Clubman.jpg

Di dalam interior, pengendara akan dimanjakan dengan perlengkapan standar eksklusif untuk kedua mobil sport ini. Mulai dari sistem suara Harman Kardon 360 watt - 12 speaker, Head-Up Display, Wireless Charging for Mobile Phones, Apple CarPlay dan MINI Navigation System termasuk layar sentuh 8,8 inci.

Lalu, bagaimana dengan harganya? Untuk menebus dua MINI sport ini memang harus merogoh kocek dalam-dalam. New MINI John Cooper Works Clubman dibanderol Rp1.130.000.000, sedangkan MINI John Cooper Works Countryman Rp1.170.000.000. Harga tersebut berstatus on the road (OTR) DKI Jakarta.

[Baca Juga: Beringas, Toyota GR Yaris Gendong Mesin 3 Silinder Bertenaga 1.600 cc]

Bagi yang tertarik meminang mobil sport legal di jalan raya ini, saat ini sudah tersedia di seluruh dealer resmi MINI. Bagaimana, Anda tertarik dengan yang mana?