Langka! Supercar Ini Hanya Ada 1 di Indonesia.jpg

Langka! Supercar Ini Hanya Ada 1 di Indonesia

Sabtu, 10 November 2018 9:00 | Inggil Yustiar

Dewasa ini dunia otomotif mobil dengan mesin berkapasitas besar semakin berkurang. Kebanyakan orang saat ini lebih memilih mobil, melihat dari arah ke efisiensinya dalam berkendara. Terkenal dengan mesin raksasa bertenaga besar, Aston Martin pun perlahan menghilangkan ciri khasnya tersebut.

Setelah mengenalkan generasi baru seri DB, yakni DB11. Aston Martin Jakarta juga membawa salah satu supercar yang menjadi impian. Supercar tersebut adalah Vanquish Carbon Edition. Hanya diproduksi sebanyak 175 unit, Indonesia sendiri hanya kebagian satu unit saja. Lantas supercar ini bisa dibilang langka.

[Baca Juga: Deretan Mobil Hybrid Berteknologi Canggih]

Langka! Supercar Ini Hanya Ada 1 di Indonesia.jpg

Dilansir dari detik.com(8/11/18), Fransisca Prandayani, General Manager Sales Aston Martin Jakarta mengatakan, Indonesia khususnya warga Jakarta dianggap mampu membeli mobil yang dibuat secara terbatas dari otomotif asal Inggris ini. “Jadi itu salah satu alasannya, dan kami juga berterima kasih kepada Prestige karena mereka hanya menjual mobil yang terbatas atau special,” ujar fransisca di Pluit, Jakarta Utara.

Harga Fantastis

Hanya ada satu unit di Indonesia supercar ini dibanderol dengan harga yang fantastis, yakni di atas dari Rp14 miliar. Tidak heran mengingat salah satu flagship Aston Martin bermesin besar ini hanya ada 175 unit di dunia, bahkan nama Ultimate Edition pun terselip pada mobil ini. selaku Presiden Direktur Prestige Imaga Motorcars, Rudy Salim mengatakan, harga Aston Martin ini bisa mencapai di atas Rp14 miliar off the road. Bahkan harga tersebut bisa naik, tergantung dari spesifikasi yang diinginkan oleh calon pembeli.

“Mobil ini hanya ada satu di Indonesia dan kita merasa bangga sekali mobil ini ada di Jakarta. Kalau spesifikasinya melebihi standar maka harga bisa lebih mahal dari itu,” ujar Rudy.

Untuk sebuah “collectors edition,” value yang didapat dengan harga yang cukup mahal itu juga sebanding dengan fitur dan mesin yang digunakan. Walaupun harga yang ditawarkan fantastis, Rudy cukup yakin bahwa pasti ada yang berlomba-lomba membeli mobil ini. Selain langka dan hanya ada satu unit saja, tenaga yang dihasilkan mesin pun juga besar. Alasan mengapa harganya bisa sangat tinggi itu, karena supercar satu ini butuh 80 jam untuk pengecatan, sedangkan normalnya hanya 50 jam.

Langka! Supercar Ini Hanya Ada 1 di Indonesia.jpg

“Biasanya sebuah Aston Martin butuh waktu 50 jam untuk pengecatan, yang ini butuh 80 jam, jadi investasi juga dengan begitu cat pada mobil ini akan lebih awet,” timpal Rudy.

Menurut Fransisca sendiri harga fantastis itu dikarenakan biaya produksi yang sangat mahal. Di Asia Pasifik pun tidak lebih dijual lebih dari lima unit, dan Jakarta menjadi salah satu kota yang potensial.

“Di Asia Pasifik tidak lebih dari lima unit. Kenapa? Karena harga produksi satu mobil ini sangat mahal sekali. Jakarta termasuk kota yang sangat potensial untuk Vanquish S Ultimate Edition ini,” tambah Fransisca Prandayani.

Versi Terakhir

Sebagai generasi kedua yang diproduksi pada 2012 silam, Ultimate Edition ini adalah versi terakhir sekaligus penutup sebelum GT tertinggi dari Aston Martin akan digantikan oleh DBS Seperleggera.

Hanya diproduksi sebanyak 175 unit di dunia. Terdapat beberapa perbedaan yang membedakan versi Ultimate Edition ini dari Vanquish S ‘standar’. Terdapat dua versi Aston Martin Vanquish S Ultimate, yaitu Coupe dan Volante (convertible). Dimasukkan oleh Prestige Motorcars adalah versi Coupe.

Langka! Supercar Ini Hanya Ada 1 di Indonesia.jpg

Pembeda dari versi supercar ini, bisa dilihat dari knalpot, kaliper rem dan window line berwarna hitam gloss. Melihat dari louvre kap mesin, gril depan dan strake di fender depan, diffuser bahkan atap sekalipun menggunakan bahan carbon fiber.

Langka! Supercar Ini Hanya Ada 1 di Indonesia.jpg

Pada bagian interior sendiri, versi Ultimate Edition ini terasa lebih spesial dan nyaman. Ketika masuk di dalamnya sang pemilik merasa lebih spesial, dari sill plate yang bertuliskan “1 dari 175 Ultimate Edition,” dan tulisan penanda varian yang dijahit di kedua headrest jok depan.

Langka! Supercar Ini Hanya Ada 1 di Indonesia.jpg

Pembeda utama dari versi terakhir ini disbanding sebelumnya, yakni terletak pada warna khusus yang disebut Ultimate Black, yang menunjuk pada cat yang digunakan Vanquish S ultimate generasi pertama.