Land Rover Discovery Hybrid.jpg

Land Rover Discovery Hybrid Siap Dipasarkan Tahun Ini

Rabu, 15 Januari 2020 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Mengikuti jejak Range Rover Sport dan Defender terbaru, Land Rover kembali akan menerapkan mobil ramah lingkungan dengan sentuhan mesin hybrid. Kali ini, mereka menyiapkan mesin berteknologi hybrid yang akan disematkan pada model Discovery.

Melansir Autocar, Rabu (15/1/2020), prototipe dari Land Rover Discovery hybrid tertangkap kamera tengah menjalani pengujian. Meski disamarkan dengan penyamaran hitam putih, tetap siluet Discovery terlihat sangat jelas.

Memang ada sejumlah ubahan dari varian sebelumnya, misalnya pada gril yang kini tersembunyi, ukuran lampu, dan bemper baru. Dari sektor penerangan pun kini terlihat tajam. Sedangkan secara dimensi, Discovery tetap identik dengan Sport Utility Vehicle (SUV) yang memiliki ukuran bongsor.

[Baca Juga: Pilihan Mobil SUV Bekas Bebas dari Terjangan Banjir]

Mengenai fitur, tak ada informasi detail mengenai hal tersebut. Hanya saja, sebagai mobil bertenaga hybrid, sejatinya pasti akan mengalami peningkatan fitur. Salah satu yang mendapatkan penyegaran fitur terletak di perangkat infotaiment dari varian sebelumnya. Tak ketinggalan daya baterai dan jarak tempuh pun dipastikan ada peningkatan.

Bagaimana dengan mesinnya? Autocar menyebutkan prototipe Land Rover Discovery menggendong mesin 3.0 liter enam silinder berteknologi turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 245 hp. Ini tak lepas dari tambahan pendongkrak teknologi mild hybrid menggunakan starter atau generator dan baterai 48V.

Sedangkan untuk pilihan mesin diesel, kombinasi mild hybrid bakal sangat berbeda dan variatif. Untuk melesatkan SUV tujuh penumpang itu, akan dibekali mesin bakar empat atau enam silinder.

Transformasi ke elektrifikasi ini perlu dilakukan pabrikan Land Rover. Mengingat regulasi terkait emisi di Eropa yang semakin ketat. Pabrikan bisa terkena denda besar bila tak mengikutinya. Dua model yang menjadi harapan untuk memenuhi persyaratan ini adalah Discovery Sport dan Evoque plug-in hybrid.

[Baca Juga: Lamborghini Sian, Banteng Italia Bertenaga Hybrid]

Di sisi lain, kehadiran Discovery hybrid ini juga sebagai upaya untuk mendongkrak penjualan Land Rover. Apalagi saat ini, penjualan mobil lansiran Inggris ini mengalami penurunan yang jauh dari harapan perusahaan.

Untuk itu, dikabarkan mereka akan segera meluncurkan mobil hybrid ini pada akhir tahun 2020 dengan harapan bisa memberikan kontribusi penjualan Land Rover. Sedangkan harganya sendiri, belum ada keterangan resmi dari Land Rover. Patut kita tunggu kehadiran mobil ramah lingkungan ini. Apakah akan masuk ke Indonesia?