Lampu Mobil Kusam, IniCara Mudah Membersihkannya

Lampu Mobil Kusam, Ini Cara Mudah Membersihkannya

Senin, 4 Februari 2019 17:00 | Galih Pratama

Lampu mobil adalah bagian penting dalam menjamin visibilitas saat berkendara. Sayangnya, semakin bertambah usia mobil, komponen ini kerap mengalami penurunan kualitas. Paling umum terjadi adalah mika atau penutup lampu terlihat kusam dan menguning. Akibatnya, lampu menjadi kurang terang.

Jika sudah begitu, fungsi lampu mobil sebagai pemandu jalan di kala malam hari akan berkurang. Namun tak perlu khawatir, kini banyak cara untuk membersihkan mika lampu yang terlihat kusam dan menguning. Caranya cukup sederhana dan bahan yang digunakan pun mudah ditemui. Seperti apa langkah-langkahnya? Otopedia.com coba merangkumnya dari berbagai sumber. Simak ulasannya.

[Baca Juga: Eco Lamp]

1 Dilansir dari kompas.com pada Jumat (28/12/2018), langkah pertama untuk membersihkan lampu mobil adalah dengan membuka mika atau batok lampu serta dudukannya. Setelah itu, siapkan air secukupnya, dua sendok makan bubuk sabun deterjen pakaian, dan sejumput pasir halus.

2 Setelah bahan-bahan tersebut disiapkan, masukkan sedikit demi sedikit pasir halus ke dalam batok lampu melalui lubang bohlam. Masukkan pasir halus secukupnya. Kemudian masukkan bubuk deterjen dan air secukupnya.

3 Jika semua bahan tersebut sudah masuk ke dalam batok lampu, hal selanjutnya yang Anda bisa lakukan adalah mengguncang-guncangnya. Tujuannya untuk membersihkan bagian dalam lampu. Bisa diibaratkan bahwa deterjen adalah pembersihnya, dan pasir halus bertugas sebagai sikatnya.

4 Setelah batok lampu terlihat bersih, masukkan air dari slang dengan tekanan cukup tinggi untuk mengeluarkan deterjen dan pasir. Lakukan berulang kali hingga pasir dan deterjen benar-benar hilang dalam batok lampu.

5 Langkah selanjutnya adalah mengeringkan batok lampu. Jika Anda memiliki kompresor angin, ada baiknya disemprot dulu sebelum dijemur. Agar batok lampu tidak berembun, jemur pada siang hari.

[Baca Juga: Quarter Glass]

6 Agar lampu mobil tetap kinclong, seperti dilansir dari viva.co.id, Anda harus turin mencuci mobil. Terutama saat mobil dalam keadaan kotor, seperti sehabis hujan. Pasalnya, kotoran yang menerpa lampu akan menyebabkan lampu cepat kusam dan menguning.

Itu langkah-langkah untuk membersihkan kaca mobil Anda tetap kinclong. Caranya mudah dan bahan yang dibutuhkan pun tak sulit. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya

/media/images/Teknik-Pengereman-Musim-Hujan.original.jpg

Teknik Pengereman yang Benar Saat Kondisi Hujan

/media/images/Tips-Merawat-Mobil-di-Musim-Hujan.original.jpg

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

/media/images/Pengemudi-Wanita.original.jpg

Tips Berkendara Aman Untuk Wanita

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil