Lamborghini Sian.jpg

Lamborghini Sian, Banteng Italia Bertenaga Hybrid

Jumat, 4 Oktober 2019 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Lamborghini kini mulai mempertimbangkan memilih opsi mesin sport masa depan bertenaga listrik. Hal ini setidaknya terlihat dari gelaran Frankfurt Motor Show 2019 beberapa waktu lalu, mereka mengungkapkan mobil listrik pertama Lamborghini.

Melansir carscoops.com, Jumat (4/10/2019, mobil tersebut bernama Lamborghini Sian. Meski berstatus mobil listrik, Sian masih membawa combustion engine V12 Natural Aspirate (NA) 6,5 liter berkonfigurasi V12 yang menjadi ciri khas Lamborghini.

Platform mesin yang sama dengan Aventador itu dikawinkan dengan motor listrik. Dari kombinasi tersebut, bisa dibilang Lamborghini Sian debut sebagai mobil hybrid pertama produksi dari Lamborghini. Sistem hybrid yang disematkan pada mobil ini berupa motor listrik 48 volt yang mampu menambah 34 daya kuda (tk).

[Baca Juga: Fakta Lamborghini yang Harus Anda Ketahui]

Eskterior Lamborghini Sian.jpg

Jika mesin V12 NA ditambah dengan motor listrik tersebyt, Lamborghini ini mampu memuntahkan tenaga 819 tk. Tenaga ini menjadikan Lamborghini sebagai produksi paling kuat yang pernah ada. Mengalahkan kekuatan dari Lamborghini SVJ dengan 770 tk.

Tak heran bila akselerasi Lamborghini Sian dari 0 - 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 2,8 detik saja. Sedangkan kecepatan tertinggi mobil ini bisa mencapai 217 mph atau 350 km/jam. Semua tenaga itu disalurkan ke roda melalui gearbox otomatis tujuh kecepatan dengan karakteristik shift adaptif tergantung pada mode mengemudi.

Sirip Lamborghini Sian.jpg

Dilihat dari tampilannya, sebagian besar elemen desain Lamborghini Sian dari Terzo Milennio. Model terbaru itu datang dari Sant’Agata Bolognese dengan garis agresif dan sudutnya serta proporsi supercar yang sempurna.

[Baca Juga: Langka! Supercar Ini Hanya Ada 1 di Indonesia]

Pada buritan terdapat enam lampu belakang LED heksagonal yang sangat sesuai dengan ujung knalpot yang menampilkan bentuk dasar yang sama. Menariknya, pada bagian sirip hiu tepatnya di bagian belakang terdapat serat kabon bertuliskan ‘63’. Lencana ini menunjukkan jumlah yang akan diproduksi Lamborghini. Bisa dikatakan, nantinya hanya ada 63 pelanggan di dunia yang beruntung membeli Sian.

Lamborghini Sian dibanderol mulai dari harga 3,6 dollar US atau setara dengan Rp51,4 miliar. Dari 63 unit yang akan diproduksi, dikabarkan Lamborghini tersebut sudah dipesan.