Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Punya Mobil di Usia 20-an.jpg

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Punya Mobil di Usia 20-an

Senin, 28 Januari 2019 13:00 | Inggil Yustiar

Dewasa ini banyak orang yang ingin untuk membeli mobil sendiri di usia muda, khususnya bagi Anda yang bekerja di usia 20-an. Sebab selain menjadi salah satu alternatif transportasi, memiliki mobil sendiri sudah pasti sebuah kebahagiaan, apalagi membelinya saat usia muda.

Namun seringkali, keinginan untuk memiliki transportasi roda empat ini terlihat tidak mungkin. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah gaji dan kebutuhan gaya hidup anak muda saat ini. Akan tetapi, memiliki mobil di usia 20-an bukanlah hal yang tidak mungkin.

Simak artikel otopedia.com berikut, Jika Anda ingin memiliki mobil di usia 20-an. Terapkan 5 tips berikut ini:

  1. Beli Mobil Sesuai Kebutuhan

Jangan sekali-kali Anda memaksakan membeli mobil hanya untuk sebatas bergaya saja. Ada baiknya Anda membeli mobil sesuai dengan kebutuhan apa, jika Anda tinggal di kota besar dan cuaca selalu panas, maka belilah mobil untuk setidaknya yang tidak terkena panas saat di jalan raya. Tidak harus membeli mobil baru, Anda juga bisa membeli mobil bekas, karena harganya pasti cenderung lebih murah.

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Punya Mobil di Usia 20-an.jpg

Selain itu, membeli mobil bekas juga cocok bagi Anda yang ingin belajar tentang mobil. Tidak lupa juga ada baiknya Anda bertanya dengan orang-orang yang lebih berpengalaman dalam membeli mobil supaya tidak salah pilih. Sebelum membeli mobil, Anda wajib mencari bandingan harga dari berbagai sumber, dengan begitu Anda akan mendapatkan harga yang pas.

2. Rajin Menabung

Di usia muda saat ini, kebiasaan menabung sudah hilang. Banyak dari mereka lepas kendali dalam hal keuangan. Jika Anda ingin membeli mobil di usia 20-an, sebaiknya mulai rajin menabung dengan menyisihkan setidaknya 15% dari gaji Anda untuk tabungan membeli mobil. Harus diperhatikan pula, Anda jangan terburu-buru untuk membeli mobil, sebab Anda pasti akan terbeban denegan jumlah cicilan yang harus dibayarkan.

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Punya Mobil di Usia 20-an.jpg

Pastikan Anda menabung dalam jangka waktu yang lama, sehingga uang muka yang Anda berikan semakin besar. Sangat disarankan untuk mengambil cicilan DP dengan jumlah yang cukup besar, sehingga uang sisa cicilannya pun akan terasi lebih ringan. Makin besar uang DP yang Anda berikan, maka semakin ringan pula cicilan dan bunga bulannya.

3. Cari Bank yang Menawarkan Cicilan 0%

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Punya Mobil di Usia 20-an.jpg

Sebelum Anda mengajukan cicilan atau kredit bank, Sebaiknya Anda mencari bank yang menawarkan cicilan 0% atau setidaknya bunga yang tiap bulannya tidak terlalu besar. Dari sekian banyaknya pilihan bank yang menawarkan berbagai pilihan dan keuntungan yang di dapatkan, Anda juga harus memilih bank yang sudah bekerja sama dengan perushaan mobil. Biasanya perusahaann mobil yang sudah bekerja sama dengan bank akan lebih memberikan keuntungan dibandingkan dengan yang tidak. Manfaatkan hal tersebut untuk meringankan beban cicilan.

4. Ikut Arisan

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Punya Mobil di Usia 20-an.jpg

Tanpa Anda sadari dengan ikut arisan akan menambah pemasukkan dalam membeli mobil. Anda dapat bergabung dengan arisan bersama teman-teman atau saudara, bahkan saat ini sudah banyak yang menawarkan bisnis arisan. Namun perhatikan juga arisan yang Anda ikuti apakah aman atau tidak. Dengan mengikuti arisan, secara tidak langsung Anda akan menabung dan uang hasil arisan akan terkumpul. Sehingga dapat Anda gunakan untuk menambah tabungan saat membeli mobil nanti.

5. Tekad Yang Kuat

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Punya Mobil di Usia 20-an.jpg

Hal terakhir yang harus Anda lakukan ketika ingin membeli mobil di usia muda adalah tekad yang kuat dalam hati. Jangan sekali-kali Anda tergiur dengan barang yang tidak dibutuhkan. Dengan tekad yang bulat bukan tidak mungkin untuk membeli mobil di usia 20-an. Agar semakin bersemangat pasanglah poster mobil yang Anda inginkan dalam kamar, bisa juga Anda membeli aksesoris mobil, supaya Anda semakin bergairah untuk membeli mobil.

[Baca Juga: 4 Tips Merawat Mobil Matik]