Cek Kondisi Mesin.jpg

Komponen Mobil Ini Wajib Diperiksa Usai Mudik Lebaran

Senin, 10 Juni 2019 11:00 | Galih Pratama

Pemeriksaan mobil sejatinya tak hanya dilakukan pada saat berangkat mudik Lebaran saja. Tapi, pemeriksaan setelah kembali dari kampung halaman juga perlu dilakukan. Mengingat pada saat mudik, mobil Anda tentunya sudah ‘bekerja keras’ melahap jalan untuk mencapai tujuan. Mobil pun butuh perawatan untuk mengembalikan kondisinya menjadi prima.

Melansir dari Otosia.com dan Inews.com, Senin (10/6/2019), setidaknya ada lima komponen mobil yang harus dilakukan pemeriksaan dan perawatan setelah digunakan mudik Lebaran. Apa saja komponen atau bagian tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

1 Oli Mesin

Oli merupakan komponen yang paling sering diganti jika mobil dipakai mudik. Selain jarak tempuh yang lumayan jauh, kemacetan yang cukup panjang bisa menjadi tolak ukur oli mesin perlu atau tidak menggantinya. Untuk itu, sangat disarankan setelah mobil diajak mudik, baiknya langsung mengganti oli mesin untuk meningkatkan performanya.

[Baca Juga: 4 Tips Memilih Oli Mesin yang Tepat]

2 Filter Bahan Bakar

Khusus untuk kendaraan diesel, ada baiknya periksa filter bahan bakar. Pasalnya, penggunaan bahan bakar selama mudik dengan beragam kondisi, membuat filter bensin cepat kotor. Mengganti filter bensin secara rutin juga akan memperkecil peluang kotoran masuk ke dalam proses pembakaran.

3 Rem dan Kopling

Dua komponen ini juga tak boleh luput perhatian. Perjalanan jauh dengan kecepatan tinggi dan kondisi macet yang biasa membuat kampas rem atau kopling bekerja ekstra akan membuat tipis.

Untuk penggantian komponen ini memang harus dilihat kondisinya. Kampas rem misalnya, jika masih bisa digunakan dan tak harus diganti, lakukanlah pemeriksaan seperti membersihkannya dari debu.

3 Air Conditioner (AC)

Fitur ini tentunya sangat membantu memberikan kenyamanan saat perjalanan mudik. Sepanjang perjalanan mudik, pastinya fitur ini selalu dalam kondisi menyala. Ini tentu akan berimbas pada kondisi freon. Untuk itu, ada baiknya periksa kondisi freon AC mobil Anda. Jika berkurang, lebih baik langsung ditambah atau diganti.

[Baca Juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin]

4 Cairan

Selanjutnya, periksa cairan pada kendaraan, seperti air radiator, aki (apabila menggunakan aki basah), washer wiper, minyak rem, dan oli transmisi. Jika dicek dalam kondisi kurang, secepatnya langsung diisi atau ditambahkan sampai batas maksimal.

Demikian lima komponen mobil yang wajib diperiksa dan mendapatkan perawatan setelah digunakan mudik Lebaran. Ini dilakukan untuk memulihkan kondisi mobil menjadi prima kembali saat digunakan sehari-hari.

Artikel Lainnya

/media/images/ilustrasi_bahan_bakar_mobil.original.jpg

Suka Gonta-Ganti BBM? Begini Efeknya

/media/images/Ilustrasi_ganti_rem_mobil.original.jpg

Catat, Ini Waktu yang Tepat Ganti Minyak Rem Mobil

/media/images/AC_Mobil_yRfHTsm.original.jpg

4 Kebiasaan Buruk Penyebab AC Mobil Cepat Rusak