klakson.jpg

Klakson

Kamis, 31 Januari 2019 15:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Klakson merupakan sebuah alat trompet elektromekanik yang sudah terpasang pada kendaraan. Umumnya, klakson digunakan sebagai alat untuk mengkomunikasikan sesuatu atau memberikan peringatan kepada pengguna jalan di sekitar. Kegunaan klakson di negara berkembang sendiri untuk memberi tahu adanya kendaraan yang ingin menyalip, mengingatkan adanya bahaya, dan untuk menyatakan perasaan emosional.

Klakson Jangan Dimainkan.jpg

Sebagai alat tanda komunikasi, bunyi pada klakson sendiri harus cukup keras. Sebab jika bunyi klakson terlalu lemah tidak akan terdengar oleh pengguna jalan lainnya. Begitu juga dengan suara yang terlalu keras, dapat menyebabkan kejutan yang akan memungkinkan terjadinya kecelakaan.

[Baca Juga: Cara Mudah Merawat Klakson Mobil]

Sering terjadinya suara pada klakson tidak berbunyi merupakan hal yang wajar. Sebab klakson sendiri sudah terhubung pada arus listrik, sehingga jika adanya arus yang terputus tidak akan menimbulkan getaran, dan klakson pun tidak akan mengeluarkan bunyi.

Komponen Klakson

klakson.jpg

Pada klakson sendiri terdapat beberapa komponen yang saling terhubung, untuk menimbulkan bunyi. Berikut ini beberapa komponen pada klakson:

- Baterai

- Fuse

- Relay

- Saklar Klakson

Referensi:

Modifikasi.com

Wikipedia.com