Suzuki Jimny.jpg

Ketika All New Suzuki Jimny Melibas Medan Offroad

Selasa, 1 Oktober 2019 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Sejak diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Juli 2019, All New Suzuki Jimny langsung menyita perhatian pencinta otomotif. Banyak yang rela antre inden berbulan-bulan untuk mendapatkan mobil offroad ikonik ini. Selain ikonik, mobil ini juga diklaim memiliki daya jelajah sama baiknya di jalanan aspal maupun lintasan offroad.

Untuk membuktikan performa Jimny generasi terbaru tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan pengujian ketangguhan dan fitur-fitur unggulan di Sirkuit Pagedangan, BSD City, Tangerang, Banten.

“Hari ini (Senin, 30 September 2019), kami ingin menjawab rasa penasaran publik akan sensasi berkendara menggunakan Jimny melalui kegiatan test drive bersama rekan media,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, kemarin (30/9/2019).

[Baca Juga: Buruan! Beli Suzuki All New Ertiga Berhadiah Jimny]

Melalui konsep ‘Functional Beauty, Designed for Professionals’, Suzuki Jimny dinilai mampu memadukan keindahan desain dan sisi fungsional yang mumpuni. Mobil ini sanggup bermanuver di tempat yang sulit diakses atau saat mengarungi cuaca ekstrem.

Saat test drive kali ini, trek yang dilewati Suzuki Jimny di Sirkuit Pagedangan memang cukup terjal dan tak mudah untuk dilibas kendaraan. Selain lintasannya yang kasar, bebatuan, bergelombang, tanjakan serta turunan tajam jadi santapan mobil Suzuki Jimny.

Mobil Suzuki Jimny.jpg

Nyatanya, trek tersebut berhasil dilewati dengan cukup mudah oleh Suzuki Jimny. Terutama untuk meredam gunjangan di dalam mobil, pengemudi seolah tak merasakan gunjangan saat melibas trek bergelombang. Kemampuan tersebut tak lepas dari suspensi yang dimiliki mobil ini, yakni 3-link rigid axle yang dilengkapi coil spring dan disangga struktur Ladder Frame.

Sementara untuk memudahkan pengemudi bermanuver di area yang sulit ditempuh, Jimny generasi terbaru dilengkapi ground clearance setinggi 210 mm dan radius putar 4,9 m. Lalu, trek tanjakan tajam serta turunan curam, pengemudi pun bisa mengaktifkan atau merasakan kelebihan dari fitur Hill Hold Control dan Hill Descent Control pada Suzuki Jimny.

Masing-masing memiliki cara penggunaan yang berbeda. Misalnya Hill Descent Control dapat mengontrol kendaraan agar mengerem dengan sendirinya tanpa harus menginjak pedal rem pada jalan menurun.

[Baca Juga: Hill Descent Control]

Secara keseluruhan, Suzuki Jimny genarasi terbaru ini mampu melibas medan offroad dengan baik. Sejumlah fitur bekerja dengan maksimal, sehingga mobil tetap berjalan konsisten di tengah trek terjal dan curam.

Suzuki Jimny terbaru dibekali mesin K15B yang ringan yang mampu menyemburkan tenaga 102/600 rpm dan torsi 130/4000 rpm. Dengan dapur pacu tersebut, mobil ini mampu berakselerasi dengan lincah dan menawarkan kemampuan offroad mutakhir untuk menghadapi, serta mengeksplorasi tantangan dengan mode berkendara 2H, 4H dan 4L.

Mengenai harga, Suzuki Jimny ini dibanderol mulai dari harga Rp315,5 juta untuk varian single tone MT. Sedangkan untuk varian two tone MT dilego Rp317,5 juta. Ada juga varian single tone AT Rp328 juta dan terakhir Rp330 juta untuk varian two tone AT.