Pabrik Daihatsu.jpg

Kerja Dua Hari Sekali, Karyawan Pabrik Daihatsu Tetap Digaji Penuh

Kamis, 2 April 2020 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Setelah menerapkan split team dan koordinasi menggunakan digital meeting, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek (APM) Daihatsu di Tanah Air, juga menerapkan physical distancing pada bagian produksi, khususnya karyawan pabrik.

Saat ini, hanya ada satu shift dan waktu produksi yang lebih singkat. Dengan begitu, karyawan pabrik Daihatsu bisa tetap tinggal di rumah secara bergantian. Walaupun mereka hanya bekerja dua hari sekali, Daihatsu tetap menjamin penerapan sistem kerja ini tak pengaruh pada upah karyawan pabrik. Upah karyawan tetap dibayar penuh.

“Karyawan merupakan aset Daihatsu yang harus dilindungi. Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman yang optimal untuk karyawan di masa pandemi Covid-19. Semoga pandemi global Covid-19 termasuk Indonesia bisa segera berakhir,” ungkap Amelia Tjandra, Corporate Planning & Communications Director PT Astra Daihatsu Motor dalam keterangan resminya, Kamis (2/4/2020).

[Baca Juga: Darurat Corona, Pabrikan Mobil Ramai-ramai Produksi Ventilator]

Karyawan Daihatsu.jpg

Dijelaskan Amel, sapaan akrab Amelia Tjandra, dalam upaya melindungi sekaligus mencegah penyebaran virus Covid-19, Daihatsu menerapkan sejumlah kegiatan pencegahan. Semisal membuat tempat mencuci tangan di tempat-tempat yang mudah dijangkau, sehingga membuat karyawan bisa lebih sering mencuci tangan. Bahkan, sebelum memasuki area pabrik, seluruh karyawan juga dicek suhu tubuhnya.

Langkah preventif lainnya adalah meningkatkan fasilitas kesehatan yang berkaitan dengan imunitas karyawan. Di mana Daihatsu Indonesia mengubah kebijakan fasilitas, saat ini karyawan bisa melakukan pembelian vitamin secara bebas tanpa resep dokter.

Selain itu, kata Amel, tersedia juga fasilitas hotline 24 jam bagi karyawan yang ingin berkonsultasi atau bertanya yang akan dijawab langsung oleh dokter ahli. Upaya ini untuk memberi rasa aman bagi karyawan.

[Baca Juga: Ratusan Mobil Jaguar dan Land Rover Siap Perangi Pandemi Corona]

“Jika ada karyawan yang demam, mereka harus masuk ke klinik yang sudah disediakan, dan apabila diperlukan, karyawan akan diberikan tes Covid-19 untuk memastikan apakah benar yang bersangkutan positif terjangkit. Mereka juga bisa mendapat akses menuju rumah sakit dengan ambulance,” tutup Amel.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift